Pemprov Papua Barat Berikan Penghormatan Terakhir kepada Alm Ali Kuaras | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Pemprov Papua Barat Berikan Penghormatan Terakhir kepada Alm Ali Kuaras

Papua Barat Penulis  Rabu, 13 Maret 2019 19:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum H. Ali Kuaras, S. Sos, MH dalam upacara pelepasan jenazah kepada pihak keluarga di kediamannya di Brawijaya Manokwari, Selasa (12/3).

Alm Ali Kuaras hingga berpulang menjabat sebagai Kepala Dinas Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat.

Wakil Gubernur Papua Barat, Muhammad Lakotani yang memimpin upacara pelepasan mengatakan, Alm merupakan salah satu putra terbaik Papua kelahiran Fakfak 17 April 1960 yang telah mengabdikan dirinya kepada Provinsi Papua Barat tercinta.

“Kepergian almarhum sungguh mengejutkan dan menimbulkan kedukaan yang mendalam bagi kita semua. Tentu bagi keluarga yang ditinggal, namun sebagai orang yang percaya dan sebagai umat yang percaya kepada Tuhan. Kita harus menerima dengan iklas dan percaya bahwa kepergian almarhum sebetulnya keputusan dan kehendak dari Tuhan Sang Pencipta hidup,” kata Lakotani saat memimpin upacara pelepasan jenazah Almarhun di rumah duka, kemarin.

Alm Ali Kuaras merupakan putra ketiga dari 12 bersaudara Alm. H. Baharudin Kuaras dan Almarhuma Yustina Ningsih. Dan, kepergiannya meninggalkan 4 orang anak dan 1 cucu, diantaranya, Muhammad Nur Setiawan Rifai Kuaras, Syafrudin DC Kuaras (Alm), Siti Maryani Kuaras, dan Risky Fitriyanti Kuaras.

Alumni SD Negeri Kotam tahun 1974 ini, telah mengabdikan diri sebagai PNS sejak 1 Nobember 1985 setelah diangkat sebagai Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS). Kemudian, pada 11 Maret 2004 diangkat sebagai Pj. Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial pada Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Irian Jaya Barat.

Tepat tanggal 8 Juni 2005, Alm diangkat sebagai Pj. Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial pada Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Irian Jaya Barat hingga 19 Agustus 2010 saat dirinya diangkat sebagai Pj Kepala Bidang Pengembangan Usaha Kesejahteraan Sosial pada Dinas Sosial Provinsi Papua Barat.

Pengabdiannya kepada Pemprov Papua Barat, akhirnya membawa dirinya pada 11 Januari 2017 diangkat sebagai kepada Dinas Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat hingga menghembuskan nafas terakhirnya.

Lakotani juga mengungkapkan, bahwa Alm juga termasuk salah satu putra terbaik dan pejuang pemekaran Provinsi Papua Barat yang disebut tim 315. Semasa hidupnya, dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya selalu melaksanakan dengan semangat dan iklas. “Ini patut menjadi contoh dan teladan bagi semua yang masih hidup dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara terkhususnya daerah Provinsi Papua Barat tercinta,” tukasnya.

Sebagai manusia biasa dalam hidupnya, Lakotani mengatakan, Alm tidak luput dari kekhilafan dan kealpaan, untuk itu Ia mengajak semua pihak melapangkan dada memberikan maaf dan iklaskan atas seluruh kekhilafan dan kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja semasa hidupnya menjalankan tugas dan pengabdiaannya.

“Mari kita semua memanjatkan doa agar almarhum dilapangkan jalannya dan diberikan tempat terbaik disisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita semua merasa kehilangan anak negeri dan salah satu putra terbaik yang dalam menjalankan tugas-tugasnya memegang teguh prinsip-prinsip pembangunan Papua Barat tercinta ini. Almarhum selalu setia kepada negara dan bangsa yang senantia bekerja keras dalam mengembangkan setiap tugas yang dibebankan kepadanya, khususnya dalam memperjuangkan berdirinya Provinsi Papua Barat,” tukasnya.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Alm Ali Kuaras S.Sos., MH sempat sakit pada tanggal 19 Februari 2019, kemudian dibawa ke Fakfak dan selanjutnya dirujuk ke RS Husada Jakarta. Namun, Tuhan berkehendak lain dan dinyatakan meninggal, Senin (11/3) pukul 08.20 WIB. [FSM-R3]

Dibaca 161 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX