Data Susenas Miliki Informasi Komprehensif | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Kepala BPS Merauke, Muhammad Ali (foto:iis) Kepala BPS Merauke, Muhammad Ali (foto:iis)

Data Susenas Miliki Informasi Komprehensif

Papua Selatan Penulis  Selasa, 12 Maret 2019 12:15 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala BPS Merauke, Muhammad Ali mengemukakan bahwa BPS telah melaksanakan Susenas lebih dari 5 dasawarsa dan telah berhasil membuktikan bahwa data Susenas memiliki informasi yang komprehensif mengenai keadaan social ekonomi masyarakat Indonesia yang tentu sangat diperlukan dalam proses perencanaan, monitoring maupun evaluasi program.

Bukan hanya itu, dengan skala yang begitu luas dan beragam manfaat yang ditawarkan, data Susenas juga dibutuhkan oleh sejumlah institusi dan organisasi internasional sebagai referensi dan sumber data untuk berbagai analisis pembangunan.

“Susenas yang akan kita laksanakan dalam Bulan Maret menjadi tantangan bagi kita semua. Apakah kita mampu menjaga kualitas data seperti selama ini atau tidak. Itu pertanyaan yang harus kita jawab,”ujarnya pada pembukaan pelatihan petugas Susenas Maret 2019 di Swiss-Belhotel belum lama ini.  Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pihak BPS harus dapat membuktikan bahwa data BPS tetap terpercaya dan menjadi rujukan bagi semua pihak.

Untuk itu dibutuhkan pemikiran yang integratif dan komprehensif, serta strategi efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Upaya mengawal kualitas data Susenas yang dilakukan secara berkelanjutan oleh seluruh jajaran BPS Provinsi dan Kabupaten dengan perjuangan yang gigih sangat diapresiasi oleh pimpinan BPS. Beberapa provinsi dan kabupaten/kota menunjukkan peningkatan kualitas data yang luar biasa. Salah satu unsur yang berpengaruh adalah komunikasi yang semakin baik dan terbuka antar kepala BPS Provinsi, Kabupaten/Kota, Kabidsos, Kasisos, Kabid dan Kasi IPDS serta Kabag dan Kasubag TU dalam upaya mengawal kualitas data tersebut

Dibaca 124 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX