Pemprov Papua Rencana Bangun Jalan flay Over Waena-Kotaraja | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Nampak kemacetan yang terjadi di wilayah Abepura. Nampak kemacetan yang terjadi di wilayah Abepura.

Pemprov Papua Rencana Bangun Jalan flay Over Waena-Kotaraja

Info Papua Penulis  Senin, 11 Maret 2019 19:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Untuk mengatasi kemacetan lalulintas di wilayah Waena-Abepura dan Kotaraja, Kota Jayapura, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua merencanakan untuk membangun  jalan layang (fly over).

Jalan itu akan dibangun mulai dari Depan SPBU Padang-Abepura-Kotaraja hingga tersambung dengan jalan Ring Road Hamadi-Skyline. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua, Girius One Yoman dalam pertemuan dengan PT.PP (Persero) akhir pekan kemarin.

Pembangunan jalan flay over ini, katanya, sudah masuk program kerja Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua. “kita sudah programkan, dalam waktu dekat kita akan melakukan studi kelayakan,” katanya.

Kadis PU menyatakan, jalan flay over perlu dibangun sekarang, karena, tidak mungkin lagi lakukan pelebaran jalan di wilayah Abepura dan sekitarnya, karena biaya pembebasan lahan sangat mahal, maka pembangunan jalan flay over menjadi salah satu alternatif.

“kenapa sekarang terjadi kemacetan, karena pemerintahan sebelumnya tidak berpikir hal ini, kita mau pelebaran jalan, biaya pembebasan lahan mahal, maka sudah saatnya kita bangun jalan layang ini,"  tegasnya

Menurut Yoman, pihaknya akan duduk bersama dengan pihak terkait, membicarakan rencana studi untuk mengetahui kelayakan rencana pembangunan Jalan flay over tersebut.

“kita harapkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) seperti PT. PP (Persero) PT. Waskita Karya maupun PT Nindya Karya (Persero) bisa sama-sama merencanakan dan melakukan studi kelayakan pembangunan jalan play over ini,” harapnya.

Yoman mengungkapkan keberadaan jalan flay over ini merupakan solusi efektif untuk mengurai kemacetan. Sebab, dengan volume kendaraan yang terus tumbuh semakin besar menyebabkan penumpukan kendaraan di wilayah Abepura dan sekitarnya.

“Intinya tahun ini kita lakukan studi kelayakan, anggaran sudah kita siapkan, kita harapkan ada keterlibatan perusahaan BUMN,” katanya.

Diketahui, Kondisi jalanan Kota Jayapura yang semakin macet dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang semakin tinggi membuat di jam-jam tertentu, sejumlah titik jalan di Kota Jayapura terpantau padat merayap.

Beberapa titik macet di Kota Jayapura antara lain pertigaan mata jalan Perumnas IV, sekitar lampu merah Abepura, depan SMAN 4 dan SMP 5 hingga Polimak.

Dibaca 239 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX