Hujan Es, 11 Warga Lanny Jaya Tewas Kelaparan | Pasific Pos.com

| 23 May, 2019 |

Hujan Es, 11 Warga Lanny Jaya Tewas Kelaparan

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Masyarakat menunjukan kebun yang dilanda es, sehingga ibu-ubian membusuk, di Distrik Agandugema, Kabupaten Puncak.

Jayapura,- 11 warga Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua dikabarkan meninggal dunia akibat wabah kelaparan dan diare, paska fenomena hujan es yang melanda tiga Distrik di Kabupaten Lanny Jaya, sejak 5 Juli 2015 silam.
Kepala Bidang Hubungan Mmasyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Patrige menyebutkan fenomena hujan es di Kabupaten Lanny Jaya, telah menyebabkan wabah kelaparan 26 kampung yang ada di tiga distrik.
“laporan yang kami terima hujan es melanda tiga distrik yakni Kuyawage (delapan kampung), Goa Baliem (tujuh kampung), dan Wano Barat (11 kampung) dan informasinya 11 meninggal akibat wabah kelaparan paska hujan es,” kata Patrige, Selasa (14/7).
Sesuai informasi, Patrige mengemukakan hujan es diwilayah Kabupaten Lanny Jaya terjadi pada tanggal 3 dan 5 Juli 2015. Paska hujan es, sambungnya, bahan makanan menipis hingga menyebabkan kelaparan dan timbul penyakit diare.
“Saya baru terima laporannya tadi, 14 Juli dan informasi 11 orang meninggal dari Distrik Wano Barat,” terangnya.
Patrige menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten setempat telah melakukan rapat mendadak dengan sejumlah pihak terkait termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD). Pemerintah juga telah menyiapkan sejumla bahan makanan, obat-obatan serat tenaga medis untuk menangani para korban. 
“Informasi terbaru yang saya terima, Pemerintah setempat telah mencarter 11 penerbangan untuk mengangkut bama dan obat – obatan serta tenaga medis. Tapi informasinya pesawat belum bisa ke lokasi karena cuaca,”imbuhnya. (Syaiful)

Dibaca 656 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX