KM Utama Jaya II Terbakar di Depan Mako Koarmada III | Pasific Pos.com

| 17 October, 2019 |

KM Utama Jaya II Terbakar di Depan Mako Koarmada III

Papua Barat Penulis  Selasa, 05 Maret 2019 06:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sorong, PbP - KM Utama Jaya II, salah satu kapal nelayan dilaporkan terbakar di depan Dermaga Mako Koarmada III Sorong, Sabtu (2/3). Meski tidak ada korban jiwa, tetapi diperkirakan pemiliknya mengalami kerugian mencapai ratusan juta Rupiah.

Informasi yang dihimpun Papua barat Pos, api pertama kali muncul dari atas KM Utama Jaya II sekitar pukul 08.45 WIT. Dengan spontan, 2 anak buah kapal (ABK) yang sedang bertugas jaga, meminta pertolongan melalui radio dan perangkat telepon.

Menerima informasi terjadi kebakaran, anggota Ditpolair Polda Papua Barat, Sea Rider Lantamal XIV, tugboat Klasafet Pertamina dan kapal Basarnas Sorong mendatangi lokasi untuk membantu memadamkan api. Akhirnya, api berhasil dipadamkan sekitar 1 jam kemudian.

Kasat Polair Polres Sorong Kota, Iptu Saroji mengaku pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. “Kita belum mengetahui dari mana sumber api yang membakar kapal itu. Oleh sebab itu, sampai saat ini, kami masih melakukan penyelidikan,” tandas Saroji yang dikonfirmasi Papua barat Pos via ponselnya, Minggu (3/3).

Namun, ia menduga api muncul dari sakelar atau generator yang sehari-hari dipakai untuk menyalakan listrik di kapal tersebut. Untuk jumlah kerugian akibat kebakaran itu, dirinya memperkirakan sekitar Rp. 300 juta.

“Buritan kapal, mesin kompresor pendingin, aki 6 unit, sparepart mesin, dan tandon air, semua hangus terbakar,” rinci Kasat Polair seraya menambahkan, kapal nelayan itu sudah tidak beroperasi lagi sekitar 2 tahun dan hanya dijaga 2 ABK-nya. [GPS-R1]

Dibaca 144 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.