Hari Peduli Sampah Nasional, ‘Jajaran Kepolisian Kerja Bakti Di Area Pintu Air’ | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Jajaran Polres Saat Kerja Bakti (foto:ist) Jajaran Polres Saat Kerja Bakti (foto:ist)

Hari Peduli Sampah Nasional, ‘Jajaran Kepolisian Kerja Bakti Di Area Pintu Air’

Papua Selatan Penulis  Jumat, 22 Februari 2019 14:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH  diwakili Wakapolres Merauke Kompol YS. Kadang, S.Sos memimpin Apel Hari Peduli Sampah Nasional 2019, bertempat di Lapangan Pintu air Jalan Mayor Wiratno Merauke kemarin.

Di Merauke peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang diperingati setiap tanggal 21 Pebruari , kali ini di pusatkan daerah Pintu air transito Merauke dengan melibatkan ratusan personil, Instansi terkait dan warga masyarakat Pintu air dan transito Merauke.

Bertindak sebagai Pembina apel Wakapolres Merauke dan Komandan Apel oleh Kasat Polair Polres Merauke AKP Sakka, SH, MH. Dalam kesempatan tersebut Wakapolres membacakan sambutan Kapolda Papua Drs. Martuani Sormin, M.Si yang menegaskan bahwa penegakan hukum saja tidaklah cukup untuk memulihkan kembali lingkungan yang sudah terdampak  sehingga masyarakat dapat menerapkan prinsip dalam pengolahan sampah berupa 4R .

Yaitu Reduse ( Mengurangi ) sebisa mungkin kita meminimalisasi barang atau material yang kita pergunakan, kedua Reuse ( Menggunakan kembali ) sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang masih dipakai kembali, ketiga Recycle ( Mendaur ulang ) sebisa mungkin barang yang tidak berguna didaur ulang, keempat Replace ( Mengganti ) berupa teliti barang yang kita pakai.

Diakhir sambutan pihaknya mengajak  seluruh warga masyarakat untuk menjadi pelopor jangan membuang sampah sembarangan, jagalah kebersihan di sekitar kita, mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat dan sebagai generasi bangsa kita harus menyadari bahwa sampah itu menjadi ancaman yang besar untuk masa depan bangsa.

“Kalau bukan kita, siapa lagi dan kalau tidak mulai dari sekarang, kapan lagi,”ujarnya. Setelah apel dilanjutkan dengan kerja bakti bersama dan berhasil dikumpulkan puluhan kantong besar sampah yang diangkut dengan menggunakan truk Polisi dan dibawa ke TPA ( tempat pembuangan akhir ) sampah yang berada di Jalan Gak Merauke.

Dibaca 304 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX