Kegiatan Prolanis Dan PRB Beri Semangat Baru Jalani Hidup | Pasific Pos.com

| 19 July, 2019 |

Thomas Kapoman (74), seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (foto:ist) Thomas Kapoman (74), seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (foto:ist)

Kegiatan Prolanis Dan PRB Beri Semangat Baru Jalani Hidup

Papua Selatan Penulis  Jumat, 22 Februari 2019 14:40 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Thomas Kapoman (74) adalah seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dulunya bekerja pada Dinas Pendidikan dan Pengajaran di Kabupaten Merauke. Sebagai seorang pensiunan, Thomas Kapoman pastinya tetap berusaha menjaga kesehatan agar tidak gampang sakit dengan cara rajin mengikuti kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang diadakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Merauke setiap minggu.

Pria yang sering dipanggil Thom ini juga mengatakan bahwa dirinya telah terdaftar dalam Program JKN-KIS yang dulunya adalah Askes dan terdaftar pada Puskesmas Mopah Baru di Kabupaten Merauke. Saat ditemui oleh tim Jamkesnews di kantor BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Thom menceritakan pengalamannya yang telah ia alami selama berobat menggunakan kartu JKN-KIS.

“Pengalaman saya menggunakan kartu JKN-KIS saat saya dirawat di RSUD Merauke karena melakukan operasi hernia tepatnya pada tanggal 1 Februari 2019. Operasi itu berjalan dengan baik, ketika dirawat disana saya sangat puas karena mendapatkan pelayanan yang cukup baik dari para perawat dan dokter disana. Selain itu obat yang diberikan juga sangat cocok dengan saya sehingga saya berangsur-angsur sembuh,"ceritaThom.

“Untungnya pelayanan di sana sangat cepat dan tidak dibeda-bedakan apalagi dikenakan biaya perawatan. Manfaat dari JKN-KIS ini sangat bisa dirasakan manfaatnya bukan hanya bagi kalangan muda-mudi yang datang berobat atau sedang menjalani perawatan di rumah sakit, tetapi untuk pensiunan seperti saya pun ikut merasakan program yang mulia ini”, ujarnya.

Saat ini Thom sebagai peserta Program Rujuk Balik (PRB) yaitu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasiltas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi/rujukan dari Dokter Spesialis/Sub Spesialis yang merawat serta aktif juga dalam kegiatan Prolanis yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan.

“Saya senang dengan mengikuti kegitanProlanis dan PRB karena kedua program tersebut bertujuan untuk pemeliharaan kesehatan bagi kami peserta DM dan Hipertensi sehingga memberikan semangat baru untuk menjalani hidup dalam setiap aktivitas yang saya jalankan demi kesembuhan dan menjadi contoh kepada masyarakat akan pentingnya berpola hidup sehat dan sebagai bukti bahwa pentingnya peranan JKN-KIS bagi seluruh masyarakat di Indonesia dapat dirasakan sampai di pelosok negeri,” tutupnya.

Dibaca 149 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.