Taman Kota Sentani akan Dilengkapi Sejumlah Fasilitas Umum dan Wi-Fi | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota

Taman Kota Sentani akan Dilengkapi Sejumlah Fasilitas Umum dan Wi-Fi

Kabupaten Jayapura Penulis  Kamis, 21 Februari 2019 19:48 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan melengkapi Taman Kota Sentani dengan sejumlah fasilitas umum.

"Penyediaan fasilitas umum seperti toilet (MCK), Wi-Fi dan juga tempat santai itu semua sudah kita rencanakan dan juga desainnya sudah kita buat. Nah, disitu nanti akan ada toilet, Wi-Fi, tempat santai dan fasilitas lain-lain untuk akses publik," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Parson Horota saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (21/2/19) siang.

Ketika ditanya wartawan soal estimasi jumlah anggaran yang akan digunakan dalam pembangunan taman kota tersebut, pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Bappeda Kabupaten Jayapura ini mengungkapkan, bahwa saat ini perencanaan anggarannya adalah sebesar Rp. 3 Milyar, yang berasal dari APBD Kabupaten Jayapura.

“Angka itu baru perencanaan saja, nanti itu akan di kirim ke tim teknis untuk merinci dan kemungkinan akan direvisi lagi," imbuhnya.

Dirinya juga mengatakan, pembangunan Taman Kota Sentani ini bertujuan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk meraih Adipura pada tahun 2019 ini.

“Taman kota adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi agar bisa meraih Adipura di tahun 2019 ini,” paparnya.

Lebih jauh lagi dirinya mengatakan, rencana pembangunan Taman Kota Sentani ini sudah direncanakan oleh pihaknya sejak tahun 2015 lalu. Hanya saja pada waktu itu perencanaan taman kota ini barulah bersifat rencana saja.

“Nah, pada tahun 2019 ini kebetulan pak Bupati telah mencanangkan Go Adipura, maka taman kota ini memang harus benar-benar dibangun dan tidak lagi hanya menjadi rencana saja,” sebutnya.

Selain itu, pria yang pernah bertugas di di BKKBN Sulawesi Tenggara ini menuturkan, pembangunan taman kota ini sudah didiskusikan dengan pihak Ondofolo Besar Kampung Sereh, Yanto Eluay dan juga masyarakat adat setempat yang sangat mendukung adanya Taman Kota di wilayah tersebut.

Beberapa pekan lalu, DPD KNPI Kabupaten Jayapura telah mendeklarasikan wilayah itu atau Lapangan Alm. Theys Hiyo Eluay menjadi Taman Kota Sentani untuk Kabupaten Jayapura.

“Selain taman kota untuk penilaian Go Adipura, kami juga telah berkoordinasi dengan ibu Hanna (Sekda) tentang hutan kota yang ada di wilayah Kemiri,” ujarnya.

“Selain taman kota, rencana bapak Bupati juga akan membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH) mulai dari pertigaan lampu merah atau di depan SMP Negeri 1 hingga masuk ke Bandara Sentani," tandas Parson.

Dibaca 251 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.