Pengembangan Potensi Pemandian Air Panas Aremi dan Air Terjun Miyah Direncanakan 2020 | Pasific Pos.com

| 16 October, 2019 |

Pengembangan Potensi Pemandian Air Panas Aremi dan Air Terjun Miyah Direncanakan 2020

Papua Barat Penulis  Rabu, 20 Februari 2019 14:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat memprogramkan pengembangan potensi objek wisata pemandian air panas Aremi di Kampung Atai, Distrik Kebar dan potensi Wisata Air Terjun Atau Ane Piah-Mane di Distrik Miyah, Kabupaten Tambaruw TA 2020 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat, Yusak Wabiya mengakui, potensi objek wisata pemandian air panas Aremi memang sudah dikerjakan bak pemandiannya pada tahun anggaran 2018 lalu.

Namun, lanjut dia, di tahun ini tidak ada program lanjutan dari pekerjaan tersebut. “Kita akan programkan pengembangan potensi objek wisata pemandian air panas Aremi pada tahun 2020 mendatang sekalian dengan potensi objek wisata Air terjun di Distrik Meyah, Kabupaten Tambrauw,” kata Wabiya kepada Tabura Pos di Lapangan Borarsi belum lama ini.

Wabiya menjelaskan, tahun ini tidak ada pembangunan lanjutan karena pihaknya mengalami keterbatasan dana, sehingga dana yang ada lebih diprioritaskan untuk program kerja yang lain.

Disinggung terkait kolam pemandian yang dibangun dengan menggunakan anggaran sebesar Rp. 499 juta dari APBD Provinsi Papua Barat TA 2018, Ia mengaku, pembangunan kolamnya belum lengkap, makanya ditahun 2020 pihaknya akan berupaya melengkapi sarana dan prasarana dari potensi objek wisata pemandian air panas aremi.

Objek wisata pemandian Air Panas Aremi di Kampung Atai, Distrik Kebar dan objek wisata air terjun atau Ane Piah Mane di Distrik Miyah, Kabupaten Tambrauw sudah diresmikan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Minggu (21/1) lalu.

Sementara rencana pembangunan kawasan wisata di Distrik Kebar Kabupaten Tambrauw diantaranya, akan dibangun bumi perkemahan, pembangunan lapangan golf, pembangunan home stay, Resort dan Café.

Kemudian, pemprov Papua Barat juga berencana membangun open deck view, gapura, pos penjagaa, dan MCK, pengembangan kolam pemandian air panas Aremi, jalan dan jembatan, serta pengadaan fasilitas air bersih. [FSM-R3]

Dibaca 245 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.