BPJS Kesehatan Jayapura Tingkatkan Pelayanan | Pasific Pos.com

| 18 June, 2019 |

Pertemuan BPJS Kesehatan. Pertemuan BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan Jayapura Tingkatkan Pelayanan

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Rabu, 13 Februari 2019 20:42 0
Beri rating artikel ini
(2 voting)

Jayapura - BPJS Kesehatan Cabang Jayapura melakukan pertemuan pembahasan dan evaluasi terkait pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Pelayanan yang dilaksanakan di Aula Kantor BPJS Kesehatan Kedeputian sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di tahun 2019, Selasa (12/2/2019).

Kepala BPJS Kesehan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah menyampaikan pertemuan monitoring sebagai evaluasi implementasi Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) ini dalam rangka untuk memperkuat dan meningkatkan sistem KBKP di wilayah Kantor Cabang Jayapura.

Diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan serta dari mitra lainnya, sehingga dapat terjalin hubungan dan komunikasi yang baik.

“Saya juga berharap ke depannya Failitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan sekaligus sebagai gate keeper dalam pelayanan kesehatan di masyarakat harus terus meningkatkan kompetensi baik SDM maupun sarana dalam mendukung sistem KBKP Ini, karena jika salah satu indikator tidak terpenuhi akan berdampak pada peserta, rumah sakit dan FKTP itu sendiri,” ujar Djamal.

Sementara pencapaian rasio hasil pelaksanaan KBKP sudah terbilang baik. Namun ada beberapa hal yang menjadi harapan dari BPJS Kesehatan yang perlu ditindaklanjuti guna untuk perbaikan bersama untuk di tahun 2019.

“Jika dilihat dari setiap indikator, ada beberapa FKTP yang aman dan tidak aman. Saya berharap untuk yang tidak aman agar ditingkatkan pencatatan dan penginputan di aplikasi P-Care sehingga bulan-bulan berikutnya semua FKTP di wilayah Kota Jayapura capaiannya menjadi optimal dan di kategirikan aman,” tutur Djamal.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Petronela Annitu yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura menyampaikan ungkapan terima kasih atas diadakanya pertemuan pembahasan dan evaluasi terkait pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Pelayanan ini.

“Kegiatan seperti ini perlu rutin dilakukan guna terus memantau kinerja FKTP di lapangan. FKTP juga harus mengikuti setiap aturan dan regulasi yang berlaku agar hasil kinerja bisa menjadi lebih sesuai dengan standar yang telah ditentukan sehingga semua berjalan sesuai tujuan bersama,” ucap Petronela. (Zulkifli)

Dibaca 138 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.