Ada Kepala Kampung Berpendidikan Rendah | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Ada Kepala Kampung Berpendidikan Rendah

Papua Barat Penulis  Selasa, 12 Februari 2019 12:49 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sekda : Mereka Punya Skill untuk Menggerakkan Masyarakat



Manokwari, TP – Dari sisi pendidikan, ada kepala kampung di Kabupaten Manokwari yang tidak memenuhi syarat. Namun demikian, mereka memiliki skill (keahlian) untuk menggerakkan masyarakat.

Sekda Manokwari, Aljabar Makatita, mengatakan dalam pemilihan kepala kampung, ada persyaratan khusus dan umum yang harus dipenuhi. Namun, khusus di Papua dan Papua Barat, menjadi dilematis bagi pemerintah untuk menentukan syarat berpendidikan sampai tingkat tertentu.

“Tapi ada juga masyarakat yang walau pendidikan tidak  begitu tinggi, tapi untuk menggerakkan masyarakat mereka punya skill,” ujarnya kepada wartawan di Pondok Pesantren Salafiyah,  SP-3, Distrik Prafi, kemarin.

Pertimbangan-pertimbangan itu, kata Makatita, juga perlu dipikirkan. Dengan begitu, masyarakat juga bisa menerimanya dengan baik.

Tidak dipungkiri bahwa di antara kepala-kepala kampung ada juga yang tidak bisa membaca dan menulis. Namun menurut Makatita, walau tidak bisa membaca dan menulis, tapi bila bisa mengelola dan staf bisa mendukung, tidak ada masalah.

“Yang penting aman di kampung, dan itu mungkin bisa kita pahami. Tapi yang jelas utamakan persyaratan yang sudah diamanatkan dalam ketentuan yang berlaku,” tukasnya. [BNB-R4]

Dibaca 116 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.