KPK Apresiasi Rencana Aksi Satu Peta Penataan SDA | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Sekda Papua, Hery Dosinaen. Sekda Papua, Hery Dosinaen.

KPK Apresiasi Rencana Aksi Satu Peta Penataan SDA

Info Papua Penulis  Senin, 11 Februari 2019 17:02 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Provinsi Papua bersama Provinsi Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat dan Kalimantan Tengah pada tanggal 31 Januari 2019 lalu mendapat undangan dari KPK untuk menghadiri Kick Off rencana aksi Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNPSDA).

Hal tersebut diungkapkan Sekda Papua, Hery Dosinaen, S.IP.M.KP.M.Sidalam arahannya pada apel gabungan di Main Hall kantor gubernur, Senin (11/2/2019).

Hery Dosinaen menjelaskan, pertemuan tersebut dipimpinan langsung oleh Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif.

Dalam pertemuan tersebut, KPK mengapresiasi  rencana aksi satu Peta penataan sumber daya alam yang meliputi kehutanan, lingkungan pertambangan, perikanan dan kelautan yang dilakukan Provinsi Papua.

“Kita rapat Kick Off tentang bagaimana satu peta penataan  pengelolaan sumber daya alam pada tanggal 31 Januari provinsi Papua bersama empat provinsi lain diundang oleh KPK untuk kick off tentang rencana aksi satu peta penataan sumber daya alam,” terangnya.

Dalam arahannya, Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif menyampaikan apresiasi kepada Provinsi Papua yang selama ini telah melakukan rencana aksi dengan baik.

“Saya selalu menyampaikan bahwa apa yang selalu dilakukan oleh pemprov Papua dalam rangka menjaga potensi mendapat apresiasi dari KPK,” tandasnya.

Sekda menegaskan, sejak orde lama maupun orde baru Provinsi Papua seolah-olah diabaikan. Sehingga apa yang dilakukan oleh Pemprov Papua saat ini terutama dalam menegakan hak-hak dan martabat semua potensi Papua termasuk bagaimana gubernur tidak memberikan rekomendasi terhadap permohohanan dari Freeport maupun Kementerian Lingkungan Kehutanan dan Lingkungan Hidup tentang pemberian 1000 hektar penambahan lahan Freeport.

“Banyak hal lain yang telah kita lakukan seperti bagaimana menjaga semua potensi kita yang selama ini tidak ada satupun pemimpin yang berani menegakan lingkungan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, KPK memberikan dukungan penuh terhadap Pemprov Papua dalam pengelolaan potensi sumber daya alam. Progres rencana aksi ini untuk menjaga potensi sumber daya alam.

“Saya tidak bermaksud mengurangi kebijakan-kebijakan sebelumnya, tetapi saya ingin mengatakan bahwa di era kepemimpinan saat ini kita harus maju menjaga potensi kita,” katanya.

Dibaca 218 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.