Papua Jadi Tuan Rumah Lima event Olahraga Nasional | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin saat menyampaikan pemaparan pada Rakernas SIWO PWI di Hotel Kampi Surabaya, Kamis malam. Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin saat menyampaikan pemaparan pada Rakernas SIWO PWI di Hotel Kampi Surabaya, Kamis malam.

Papua Jadi Tuan Rumah Lima event Olahraga Nasional

Olahraga Penulis  Jumat, 08 Februari 2019 15:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SURABAYA,- Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah lima event Nasional pada tahun 2019 dan 2020. Lima event yang akan diselenggarakan di bumi cenderawasih, yakni, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas), Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), Pekan Olahraga Nasional (PON) dan  Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin mengatakan, Papua siap menjadi tuan rumah untuk lima event Nasional tersebut.

“kita patut berbangga karena Papua berhasil mendapatkan kepercayaan menjadi penyelenggara beberapa acara perlombaan olahraga tingkat Nasional di tahun 2019 dan 2020 nanti,” ujar Daud Ngabalin dihadapan peserta Rapat Kerja Wartawan Olahraga Nasional di hotel Kampi Surabaya, Kamis, (7/2/2019) malam.

Sebagai tuan rumah PON 2020, Papua kini sedang melakukan pembangunan venue di lima klaster penyelenggaraan, yakni klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, Jayawijaya, Biak dan empat sub klaster atau kabupaten penyangga takni kabupaten Supiori, Kep. Yapen, Tolikara dan Keerom.

Daud menjelaskan bahwa hakekat dari PON itu adalah pembukaan dan penutupan, dan itu akan dipusatkan di stadion Papua bangkit, dan progres pembangunnya hingga akhir Januari sudah mencapai 98 persen.

“kita pastikan stadion Papua Bangkit siap diresmikan bulan April mendatang, progres pembangunan sudah hampir rampung,” ujarnya.

Untuk venue lainnya, Daud menggaransi akan selesai dibangun akhir tahun 2019, dan akan dipakai saat tes event Porwanas di bulan April tahun 2020.

“kita optimis semua venue selesai dibangun akhir tahun ini, pembangunan kita sharing dana antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” tuturnya.

Daud menambahkan, setiap event olahraga Nasional tidak ada tuan rumah yang sempurna, pasti ada kendala yang harus dihadapi.

Bahkan, Jawa Barat yang sudah siap dengan semua infrastruktur pun masih mengalami kendala-kendala. Oleh karena itu, jangan ragu dengan Papua, rekan-rekan wartawan bisa publikasikan bahwa Papua sangat siap untuk menjadi tuan rumah PON dan event olahraga lainnya.

“Kami sudah siap menyelenggarakan PON di Papua, semua stakeholder sudah bekerja keras untuk mensukseskan multi event empat tahunan itu. Ini juga menjadi satu kehormatan kepada masyarakat Papua menjadi tuan rumah. Sebab dengan diselenggarakan PON di Papua membawah dampak kepada pembangunan dan perekonomian di Papua,” tutupnya.

Dibaca 187 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.