BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pemeriksaan Urine di PA Manokwari | Pasific Pos.com

| 17 September, 2019 |

BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pemeriksaan Urine di PA Manokwari

Papua Barat Penulis  Sabtu, 02 Februari 2019 11:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – BNN Perwakilan Provinsi Papua Barat melakukan sosialisasi bahaya narkoba dan melakukan tes urine terhadap pimpinan beserta staf Pengadilan Agama (PA) Manokwari di PA Manokwari, Kamis (31/1).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Perwakilan Provinsi Papua Barat, drg. Indah Perwitasari mengatakan, sosialisasi bahaya narkoba dan pemeriksaan urine merupakan tindak lanjut dari surat KemenPAN RB Nomor 50 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan P4GN di Lingkungan Pemerintah.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika).

“Ini merupakan komitmen kita bersama dalam melawan bahaya narkoba,” kata Indah Perwitasari dalam sosialisasi bahaya narkoba, kemarin.

Dikatakannya, tindak lanjut dari komitmen itu, maka setiap aparatur sipil negara (ASN) di semua instansi pemerintah, diwajibkan melakukan pemeriksaan urine dalam kurun waktu minimal 1 tahun sekali untuk memastikan semua ASN terbebas dari narkoba.

Ia menegaskan, lembaga atau instansi pemerintah juga diwajibkan memasang banner dengan tujuan untuk memberikan edukasi serta ajakan bagi masyarakat untuk tidak terjerumus dalam lingkaran narkoba.

Selain di PA Manokwari, kata dia, sosialisasi bahaya narkoba dan pemeriksaan urine sudah dilakukan di beberapa lembaga, seperti Pengadilan Negeri Manokwari, Kejaksaan Negeri Manokwari, Kantor KSOP Manokwari, Kantor BPJN XVII Manokwari, Kantor Bea Cukai Manokwari, Otoritas Bandara Rendani, Kanwil Kemenag Provinsi Papua Barat, Kampus Poltekkes Manokwari, Kampus STIH Manokwari, Kampus Unipa, Kwarda Pramuka Manowari, dan SMA Negeri 1 Manokwari.

“Beberapa dari lembaga yang saya sebutkan tadi, ada yang sudah melakukan penandatanganan MoU dengan BNN Papua Barat,” pungkas Indah Perwitasari.

Sementara Ketua PA Manokwari, Farida Hanim mengapresiasi kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dan pemeriksaan urine yang dilaksanakan BNN Perwakilan Papua Barat.

“Itu wajib dan sudah kita anggarkan dalam DIPA PA Manokwari, sehingga pemeriksaan urine ini bisa dilakukan secara rutin dengan tujuan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan narkoba,” tandas Farida Hanim kepada Tabura Pos usai sosialisasi, kemarin.

Ditambahkannya, sebagai alat negara dan perangkat pemerintahan, ASN harus menjadi contoh dan corong positif terhadap masyarakat dalam rangka pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Dirinya mengakui, dari 17 peserta yang menjalani pemeriksaan urine, semuanya negatif atau tidak terdeteksi memakai narkoba.

“Kita berharap kegiatan pemeriksaan urine ini tidak hanya dilakukan sekali saja, tetapi dapat dilakukan secara rutin dan terjadwal agar bisa memastikan bahwa staf PA Manokwari bebas narkotika,” tandas Farida Hanim. [BOM-R1]

Dibaca 294 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.