Jamin Kesehatan 73.000 Jiwa, Pemprov Alokasikan Rp 22 Miliar | Pasific Pos.com

| 18 August, 2019 |

Jamin Kesehatan 73.000 Jiwa, Pemprov Alokasikan Rp 22 Miliar

Papua Barat Penulis  Jumat, 01 Februari 2019 11:10 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Untuk membiayai jaminan kesehatan 73.000 jiwa rakyat Papua Barat,  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat kembali mengalokasikan dana sekitar Rp 22 miliar dari APBD tahun anggaran 2019.

Kucuran dana itu dibenarkan Kepala Kantor Cabang Manokwari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, M. Oktaviane Rondonuwu saat ditemui Tabura Pos di Kantor BPJ Manokwari, Rabu (30/1).

“ “Informasinya seperti itu, tapi untuk memastikannya kita menunggu proses penandatangana kerjasama (PKS).  Alokasi dana itu untuk membiayai jaminan kesehatan bagi 73.000 jiwa rakyat Papua Barat yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota,” kata Rondonuwu.

Menurut Rondonuwu, alokasi anggaran tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun anggaran 2018 alokasi dana jaminan kesehatan daerah yang dialokasikan Pemprov Papua Barat hanya berkisar Rp 17miliar.

Jika dilihat dari pencapaian di tahun 2018, lanjut Rondonuwu, penjaminan kesehatan bagi masyarakat Papua Barat telah mencapai 96 persen dan telah memenuhi katagori Universal Health Coverage (UHC).

Untuk tahun 2019, Rondonuwu mengaku bahwa besaran alokasi anggaran sebesar Rp 22 miliar akan sangat mencukupi untuk menjamin kesehatan seluruh masyarakat Papua Barat,. Pasalnya, Papua dan Papua Barat memiliki fasilitas kesehatan tingkat pertama (rumah sakit) yang kurang.

“Wilayah Papua dan Papua Barat malah sudah mensubsidi orang-orang sakit yang ada di Pulau Jawa, karena memang sistem yang dibangun BPJS gotong royong, jadi iuran yang didapat disini untuk membiayai seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya wilayah Papua dan Papua Barat,” ujar dia.

Ditanya sistem pembayaran pengklaim pasien yang mandapat jaminan kesehatan, Rondonuwu menuturkan, anggaran yang ditransfer daerah semuanya masuk di kas Negara, kemudian atas persetujuan dan penetapan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Repuplik Indonesia dilakukan pembayaran ke BPJS Kesehatan.

Dicecar apakah penjaminan kesehatan untuk membiayai pengobatan semua jenis penyakit, Ia menegaskan, BPJS Kesehatan membiayai semua penyakit yang sesuai indikasi medis. [BOM-R2]

Dibaca 222 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.