Dewan Pengawas Minta PDAM Kembangkan Inovasi | Pasific Pos.com

| 26 June, 2019 |

Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura Ir H Rustan Saru Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura Ir H Rustan Saru

Dewan Pengawas Minta PDAM Kembangkan Inovasi

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 01 Februari 2019 10:40 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura Ir H Rustan Saru, MM yang juga Wakil Wali Kota Jayapura menegaskan di tahun 2019 harus ada pegembangan inovasi pelayanan pelanggan.

“PDAM saat ini sedang sakit, tunjukkan motto PDAM yang Sehat airnya dan pelayanannya, Prima keuangannya dan penarikan tagihan rekening air dan Mandiri pendapatannya. Terkhusus inovasi mengelola keuangan berbasis online, juga pelayanan pelanggan harus diimplementasi dengan baik,” katanya pada Acara Lepas Sambut Tahun Baru 2018/2019 di Aula PDAM Jayapura, Kamis 31 Januari 2019.

Direktur Utama H Entis Sutisna, SE, MM menjelaskan bahwa PDAM Jayapura telah siap dengan inovasi di tahun 2019. Di tengah masih rendahnya penagihan sekitar 54%, dengan 56% rekening yang belum terbayar. PDAM berfokus pada penagihan rekening air disertai peningkatan kualitas pelayanan pelanggan dan kuantitas produksi air.

“Perlu dilakukan komunikasi intensif untuk menarik potensi pendapatan, tingkat kebocoran sebesar 47% menjadi tantangan mengatasi Water Losses melalui inovasi aplikasi ‘Si Pintar PDAM’ dan Geographic Information System(GIS),” katanya.

Si Pintar PDAM adalah aplikasi yang akan diterapkan guna memudahkan pembayaran rekening air di seluruh cabang Kantor Pos Indonesia. Kemudian, PDAM Jayapura juga berinovasi melalui pembayaran melalui ATM yang bekerjasama dengan pihak perbankan atau billing system.
Sementara itu, aplikasi GIS memudahkan rehabilitasi saluran pipa, kapasitas produksi, mengetahui titik kerusakan pipa air. GIS mampu memetakan titik jaringan pipa melalui digitasi, yang memudahkan petugas mengetahui kebocoran di lapangan.

Inovasi ke depan, PDAM Jayapura akan bersiap menyambut sistem pengolahan air Danau Sentani, yang merupakan proyek nasional Kementrian PUPR dan Balai Wilayah Sungai Papua.

Kapasitas Danau Sentani adalah 1100 liter per detik yang dinilai Direktur Utama sangat mencukupi kebutuhan air di Kota Jayapura.

Dibaca 162 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.