DPM-PTSP Harap Pelaku Usaha Daftarkan Perusahaannya Melalui OSS | Pasific Pos.com

| 26 August, 2019 |

Kepala DPM-PTSP Kota Jayapura, Yohanis Wemben. Kepala DPM-PTSP Kota Jayapura, Yohanis Wemben.

DPM-PTSP Harap Pelaku Usaha Daftarkan Perusahaannya Melalui OSS

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 30 Januari 2019 20:18 0
Beri rating artikel ini
(2 voting)

Jayapura – Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM- PTSP) Kota Jayapura, Yohanis Wemben berharap para pelaku usaha mendaftarkan perusahaannya melalui Online Single Submission (OSS).

Hal itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik sehingga para pelaku usaha mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Yang didaftarkan pertama adalah terkait pendirian perusahaan apabila berbadan hukum, akte pendirian sekaligus pengesahan oleh Kementerian Hukum dan HAM, tapi sebenarnya yang tidak berbadan hukum juga wajib mendaftarkan  perusahaannya seperti perorangan melalui OSS, “ujar Yohanis, Selasa (29/1/2019).

Yohanis menyebut, apabila sudah mendaftar nantinya diupload ke pusat maka secara otomatis keluar NIB perusahaannya sebab ini ketentuan wajib dilakukan oleh pelaku usaha.

Tujuannya, kata Yohanis, agar para pelaku usaha patuh membayar pajak khususnya pajak pusat. Tahun 2019, DPM_PTSP Kota Jayapura telah melakukan sosialisasi sebanyak tiga kali agar pelaku usaha dapat mendaftarkanj perusahaannya.

Dijelaskan, mendaftar melalui OSS dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah dengan membuka website Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pusat.

Apabila pelaku usaha tidak dapat melakukannya sendiri di rumah, bisa mendatangi kantor DPM-PTSP dan akan diberikan pendampingan.

”Secara mandiri kita dampingi, sudah beberapa kami dampingi tapi kendalanya adalah karena pendaftaran dilakukan se Indonesia ke server BKPM pusat sehingga ada yang berhasil mendaftar, ada juga yang gagal karena data kurang valid, “imbuhnya. (Zulkifli)

Dibaca 168 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.