Satlantas Polres Jayapura Bakal Gelar Millenial Road Safety Festival | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Dony Cancero S.IK Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Dony Cancero S.IK

Satlantas Polres Jayapura Bakal Gelar Millenial Road Safety Festival

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 30 Januari 2019 12:04 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Jayapura meningkat pada tahun 2018 lalu.

Angka tersebut membuat jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jayapura harus bekerja lebih maksimal lagi untuk menekan angka tersebut.

Pasalnya, jika dibandingkan di 2017 lalu dengan 2018 angka kecelakaan lalu lintas tersebut mengalami peningkatan.

Namun, angka kecelakaan naik ternyata berbanding terbalik dengan jumlah orang yang meninggal di kecelakaan tersebut. Pada 2017 kasus meninggal dunia sebanyak 42 orang. Sedangkan pada 2018 turun menjadi 38 orang yang meninggal dunia.


Meski begitu, jajaran Satlantas Polres Jayapura dipimpin Kasat Lantas AKP Dony Cancero, S.IK, mengevaluasi tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Terlebih lagi, usia yang menjadi pelaku dan korban rata-rata diusia produktif dan millenial.


Sebab itu, jajaran Satlantas Polres Jayapura melakukan terobosan dengan melaksanakan kegiatan Millenial Road Safety Festival yang direncanakan pada Februari 2019 mendatang.

"Millenial Road Safety Festival atau MRSF ini akan kita gelar pada tanggal 23 Februari nanti, guna mewujudkan millenial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang," kata Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Dony Cancero S.IK ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/01/19) siang.

Khusus untuk di Papua sendiri, AKP Dony Cancero menuturkan, bahwa pihaknya diinstruksikan untuk membuat kegiatan. Ada beberapa kegiatan yang sudah ditentukan oleh Korlantas.

"Kalau di Papua sendiri puncaknya itu nanti di Polda pada tanggal 2 Maret 2019, sedangkan untuk tiap Polres jajaran akan melaksanakannya sebelum tanggal 2 Maret 2019," tuturnya.

Dony Cancero menjelaskan, kegiatan Millenial Road Safety Festival ini bukan hanya dilaksanakan di wilayah hukum Polres Jayapura saja. Tetapi, juga dilaksanakan di seluruh Polres dan Polda se-Indonesia.

Untuk pelaksanaan di Kabupaten Jayapura, Dony mengungkapkan, bahwa pihaknya akan menggandeng sejumlah klub motor dan tukang ojek yang ada di kota Sentani, untuk mendeklarasikan tertib berlalu lintas kepada generasi millenial yang ada di Bumi Khenambay Umbay dengan cara melakukan touring millenial.

Dibeberkan, kegiatan Millenial Road Safety Festival ini merupakan gagasan yang di buat langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Karena berdasarkan data WHO, kecelakaan lalu lintas ini menduduki urutan ke lima pembunuh terbesar di dunia mengungguli kasus penyalahgunaan Narkoba.

"Di dunia, angka kematian akibat kecelakaan ini ada 85 orang meninggal setiap harinya. Kalau narkoba itu 50 orang setiap hari. Dengan dasar dan konsep seperti itu presiden Joko widodo menginstruksikan  untuk membuat suatu gerakan yang masif di awal tahun 2019 ini," ungkapnya.

Karena menurutnya, setiap kecelakaan yang terjadi itu diawali dengan pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi maupun pengendara.

"Nanti pada saat touring itu kita akan mendeklarasikan gerakan milenial road safety ini. Yang pada dasarnya kita bertujuan membawa masa sebanyak mungkin dengan tujuan untuk lebih membuka hati dan pikiran bahwasanya jalan raya ini masih menjadi pembunuh nomor 5 di dunia. Jadi berbahaya sekali kalau tidak ada dan memberi pengetahuan kepada mereka untuk tertib berlalulintas," tandas Dony.

Dibaca 239 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.