Kantor Kas Bank Papua Harus Berkontribusi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Kantor Kas Bank Papua Harus Berkontribusi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Papua Barat Penulis  Selasa, 29 Januari 2019 14:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Pembukaan Kantor Kas Bank Papua di Jalan Esau Sesa harus diikuti pula dengan sinergi ekonomi yang positif, sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan memberikan manfaat lainnya bagi masyarakat Manokwari.

Apalagi, salah satu indikator pertumbuhan ekonomi yang baik dan sehat di suatu daerah dengan dibukanya bank-bank baru. “Sekarang hampir merata bank di Manokwari. Itu merupakan indikasi bahwa pertumbuhan ekonomi atau geliat ekonomi di suatu daerah itu naik. Dengan dibukanya kantor kas ini pertumbuhan ekonomi menjadi sangat laju di sekitar Jalan Esau Sesa, terutama Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan,” ujar Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo saat pengresmian Kantor Kas Bank Papua di Jalan Esau Sesa, Senin (28/1).

Menurutnya, dengan hadirnya Kantor Kas Esau Sesa akan semakin memperkokoh eksistensi Kabupaten Manokwari dalam bingkai NKRI. Bank Papua memiliki satu tujuan tunggal, yakni mencapai dan menjaga stabilitas Rupiah terhadap mata uang asing sesuai dengan  visi dan misinya menjadi bank komersial yang kuat dan tunggal, agar mampu menjadi kebanggaan masyarakat Papua serta mampu menyediakan produk perbankan yang mampu bersaing bagi nasabah individual, UMKM, dan korporasi.

Menurutnya, sebagai business entity, Bank Papua juga akan dikelola secara profesional dengan memperhatikan prinsip-prinsip komersial, sehingga dapat menghasilkan laba optimal dan memberikan nilai kepada pemegang saham melalui dividen.

Bank Papua, kata dia juga menyediakan produk perbankan yang bersaing sesuai dengan target serta melayani nasabah individu, UMKM, dan korporasi termasuk pemerintah daerah.

Edi Budoyo berharap, Bank Papua dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di kabupaten pesisir, gunung, dan lembah demi terwujudnya masyarakat Manokwari yang berbudaya, maju, mandiri, aman, damai, dan sejahtera. Selain itu, dengan adanya ATM Bank Papua di kantor kas dapat memudahkan pelayanan terutama yang ingin menarik uang.

Berikutnya, dengan partisipasi aktif masyarakat untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan bersama, diharapkan pula kantor kas dijaga dan dirawat secara baik, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Wakil Pimpinan Bank Papua Kantor Cabang Utama (KCU) Manokwari, Bertha Affar mengatakan pembukaan kantor kas tersebut semata-mata untuk mendekatkan Bank Papua kepada masyarakat, sesuai tagline Bank Papua: Bersama Membangun Papua, salah satu realisasinya adalah dengan membuka kantor kas Esau Sesa.

Menurutnya, dengan hadirnya Kantor Kas Esau Sesa akan dapat membantu warga sepanjang Jalan Esau Sesa untuk melakukan transaksi keuangan. Sebab, di kantor kas itu tersedia satu unit ATM yang beroperasi 24 jam. “Jadi bisa membantu masyarakat melakukan transaksi keuangan ke mana saja karena ini ATM bersama. Jadi semua bank bisa melakukan transaksi,” sebutnya.

Kantor Kas Esau Sesa, kata dia, juga membantu pelayanan kantor kas di kantor Bupati Manokwari. Sehingga masyarakat sekitar yang biasanya melakukan transaksi di kantor kas di kantor bupati bisa berpindah ke Kantor Kas Esau Sesa.

Bank Papua punya banyak produk perbankan, seperti tabungan, deposito, dan giro yang semua itu bisa dipergunakan masyarakat untuk membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Pihaknya, kata dia, juga melayani transaksi-transaksi yang dilakukan pemerintah daerah khususnya Badan Pendapatan Daerah dalam melakukan transaksi pembayaran pajak secara online.

Selain itu, juga melayani pembayaran SPP untuk pelajar dan mahasiswa secara online. “Bagi yang kuliah di Jayapura maupun beberapa kampus dan sekolah di Manokwari bisa terlayani secara online dari pukul 08.00-15.00 WIT untuk operasionalnya, sedangkan ATM beroperasi 24 jam,” katanya.

Dia menambahkan, pada tahun 2018 Bank Papua juga mengeluarkan mobile banking (M-Banking). Jika nasabah yang dulunya hanya bisa menggunakan ATM, kini sudah bisa bertransaksi menggunakan M-Banking.

“Mudah-mudahan kehadiran Bank Papua melalui kantor kas ini menjadi kebanggaan bersama dan bersama membangun Tanah Papua,” tukasnya. (BNB-R3)

Dibaca 194 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.