Percepat Pelayanan Birokrasi Pemkab Jayapura Akan Mekarkan 7 Distrik Baru | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si

Percepat Pelayanan Birokrasi Pemkab Jayapura Akan Mekarkan 7 Distrik Baru

Kabupaten Jayapura Penulis  Senin, 28 Januari 2019 10:44 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan menambah tujuh pemekaran distrik baru dalam upaya memperpendek percepatan birokrasi pelayanan pembangunan kepada masyarakat yang ada di Bumi Khenambay Umbay itu.

“Sekarang ada di DPRD Kabupaten Jayapura terkait rancangan peraturan daerah (Raperda) pemekaran tujuh distrik beserta perangkat kelembagaan organisasinya dan itu harus ditetapkan melalui peraturan daerah (Perda) dengan beberapa kampung-kampung baru. Termasuk kampung-kampung adat yang baru itu semua akan ditetapkan pada masa sidang pertama tahun 2019 ini,” kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, Jumat (25/1/19) siang.

Ketika ditanya pemekaran tujuh distrik ini dari sisi anggaran, Mathius mengatakan, proses pemekaran ini melalui komunikasi dengan pemerintah pusat juga. Karena nanti pada akhrinya untuk mendapatkan pengkodean, baik kode distrik maupun kode kampung itu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI).

Pemekaran distrik baru harus direalisasikan Pemkab Jayapura dalam rangka menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat di berbagai kampung yang menginginkan adanya penambahan distrik.

“Selama inikan tidak pernah ada pemekaran. Dengan adanya perkembangan, kemajuan, pertambahan penduduk, pelayanan harus lebih cepat dan geografis yang sulit dijangkau, memang harus ada langkah-langkah percepatan untuk bagaimana pelayanan pemerintah bisa lebih cepat dan lebih tepat,” ujarnya.

Sedangkan tujuan lain pemekaran distrik, kata Bupati Mathius Awoitauw, untuk mempercepat pencapaian visi misi Pemkab Jayapura.

“Pemekaran ini konsekuensinya akibat dari perkembangan itu memang harusnya begitu. Jadi, tujuh distrik ini sebenarnya sangat terlambat untuk pemekarannya. Tapi, kita berharap ini bisa ditetapkan dalam waktu-waktu yang tidak begitu terlalu lama dan sekarang sudah ada di DPRD,” ujar Mathius.

Disinggung lokasi tujuh distrik baru pemekaran, kata Bupati Mathius, tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Jayapura.

Berdasarkan data hingga saat ini jumlah distrik di Kabupaten Jayapura sebanyak 19 distrik, diantaranya Distrik Airu, Distrik Demta, Distrik Depapre, Distrik Ebungfauw, Distrik Gresi Selatan, Distrik Kaureh, Distrik Kemtuk, Distrik Kemtuk Gresi, Distrik Nimbokrang, Distrik Nimboran, Distrik Namblong, Distrik Ravenirara, Distrik Sentani, Distrik Sentani Barat, Distrik Sentani Timur, Distrik Unurum Guay, Distrik Waibhu, Distrik Yapsi dan Distrik Yokari.

Dibaca 200 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.