Pemkot Jayapura Pastikan SMP/MTs 100 Persen Siap Hadapi UNBK | Pasific Pos.com

| 19 November, 2019 |

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachrudin Passolo. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachrudin Passolo.

Pemkot Jayapura Pastikan SMP/MTs 100 Persen Siap Hadapi UNBK

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 24 Januari 2019 17:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Kota Jayapura memastikan kesiapan sekolah menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachrudin Passolo mengatakan, seluruh sekolah SMP/MTs di Kota Jayapura telah siap menyelenggarakan ujian berbasis komputer dan online tersebut.

“Kalau Kota Jayapura sudah beberapa tahun ini ujian nasionalnya berbasis komputer dan online, termasuk tingkat SMU,” ungkap Fachrudin Passolo kepada pers di Jayapura, Kamis (24/1/17) kemarin.

Dikatakan, pihaknya akan fokus untuk UNBK tingkat SMP/MTs, karena tingkat SMU sudah menjadi kewenangan Provinsi. Walaupun demikian, akan tetap membeck up Provinsi untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMU di kota Jayapura.

UNBK yang rencananya akan berlangsung bulan April, Pemkot Jayapura melalui Dinas Pendidikan akan melakukan koordinasi dengan pihak PT. PLN maupun Telkom Papua.

“saya akan terus koordinasi dengan PLN maupun Telkom, agar perangkat jaringan internet dan listrik tidak ada masalah nanti saat pelaksanaan UNBK,” ujarnya.

Selain itu, katanya, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan kepala sekolah terkait dengan kesiapan sarana prasarana komputer, karna kita harus persiapkan dengan baik. “saya ingin saat pelaksaan UNBK nanti sekolah tidak ada kendala terkait dengan perangkat komputer maupun jaringan internet,” ucapnya.

Dilansir dari https://unbk.kemdikbud.go.id/jadwal,  pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019 dimajukan pada Maret atau sebulan lebih maju dari tahun sebelumnya. Jika tidak dimajukan maka UN akan bersamaan dengan pelaksanaan puasa Ramadan.

Rencananya pelaksanaan UN 2019 dilaksanakan serentak pada bulan ketiga atau Maret. Sedangkan pada 2018 pelaksanaan UN pada April lalu. Perubahan ini dimaksudkan untuk menghormati ibadah puasa Ramadan.

Jadwal UN pertama kali akan berlangsung di jenjang SMK/MAK dan sederajat pada 25-28 Maret. Selanjutnya diikuti UN SMA/MA pada 1,2, 4, dan 8 April.

Sedangkan UN Program Paket C/Ulya pada 12-16 April, dilanjutkan UN SMP/MTs pada 22-25 April. Pemerintah juga mengagendakan UN Program Paket B/Wustha pada 10-13 Mei.

Dibaca 306 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.