Masyarakat Distrik Ugimba Minta KPU Segera Kembalikan Jumlah DPT | Pasific Pos.com

| 12 November, 2019 |

Masyarakat Distrik Ugimba Minta KPU Segera Kembalikan Jumlah DPT

Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE - Warga masyarakat Distrik Ugimba, Kabupaten Intan Jaya, meminta KPU Kabupaten Intan Jaya untuk segera mengembalikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Distrik Ugimba yang seharusnya berjumlah seribu lima ratus enam puluh dua. Hal tersebut dikatakan salah satu tokoh agama Arius Kogoya, didampingi Titus Kobogau yang juga merupakan salah satu tokoh masyarakat Distrik Ugimba Kabupaten Intan Jaya saat bertandang ke Kantor Redaksi Papuapos Nabire, Selasa (22/1).

Kata Kobogau, dirinya atas nama warga masyarakat Distrik Ugimba yang membawahi enam kampung yakni, Kampung Ugimba, Kampung Bunaopa, Kampung Pigabu, Kampung Teteopa, Kampung Dukendopa dan Kampung Nggamage juga telah melayangkan surat kepada Panwas Kabupaten Intan Jaya terkait permohonan pengembalian pemangkasan DPT Distrik Ugimba dengan nomor surat 002/PMN/PGBLN/DPT/I/2019.

Yang mana, dalam isi surat tersebut masyarakat Distrik Ugimba mengajukan gugatan pengembalian pemangkasan DPT Distrik Ugimba sesuai dengan hasil pengajuan Daftar Pemilih Tetap Hasil Rapat Pleno KPU Kabupaten Intan Jaya yang ditetapkan pada tanggal 11 Desember 2018, adalah Distrik Ugimba total pemangkasan DPT 1.134 (seribu seratus tiga puluh empat) berdasarkan berita acara nomor 98/PL.013/BA/927/XII/2018 tentang Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua, Kabupaten Intan Jaya Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 adalah tidak benar.

Tandasnya, masyarakat Distrik Ugimba memohon kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Intan Jaya segera mengembalikan Daftar Pemilih Tetap Distrik Ugimba 9.562. Jika permohonan surat tersebut tidak diindahkan oleh KPU Kabupaten Intan Jaya maka akan terjadi konflik horisontal di Kabupaten Intan Jaya.

“Kami juga sudah ajukan ini ke provinsi ,pusat dan data KPU pusat itu untuk Distrik Ugimba memang sesuai dengan apa yang kami ajukan, kenapa dalam penetapan DPT oleh KPU Intan Jaya malah kurang, ini ada apa. Dan surat kita ini sudah diajukan ke pusat untuk proses pengembalian pemangkasan DPT Distrik Ugimba, dan sudah disetujui oleh pusat,” tutur Kobogau.

Dirinya juga meminta, untuk KPU Kabupaten Intan Jaya untuk segera melakukan penetapan perubahan jumlah DPT Distrik Ugimba sesuai dengan apa yang masyarakat inginkan dan itu adalah jumlah DPT yang sah di Distrik Ugimba, yaitu 9.562 pemilih yang mempunyai hak suara untuk memilih pada Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 di Kabupaten Intan Jaya.

“Kami hanya minta itu suara kami dikembalikan sesuai dengan hak kami warga masyarakat Distrik Ugimba, karena kami punya hak suara kenapa dipangkas oleh KPU. Dan terakhir itu, kami meminta untuk KPU menanggapi serius hal ini, kami mau Pemilu di Intan Jaya berjalan aman dan sukses, kami juga punya hak politik melalui suara, dan surat yang kami ajukan ini di pusat juga sudah Acc,” terangnya.

“Ini tidak masuk akal sekali, enam kampung yang ada di Distrik Ugimba dengan jumlah penduduk sepuluh ribu, masa jumlah DPTnya hanya seribu lebih. Ini yang kami tidak terima dan mohon hal ini jangan dianggap biasa, ini hak suara masyarakat Distrik Ugimba, jangan dipangkas-pangkas, KPU jangan bermain dengan hak suara yang ada di Distrik Ugimba ini bisa bahaya,” tambahnya.

Dirinya selaku tokoh masyarakat, juga mengharapkan kepada warga masyarakat Distrik Ugimba untuk bersabar dan menjaga situasi politik yang ada di Distrik Ugimba agar tetap aman dan damai. Dan ia juga menekankan kepada KPU untuk segera melakukan perubahan dan mengembalikan jumlah DPT Distrik Ugimba sebelum Pemilu 2019 berlangsung.

Hal senada juga dikatakan Arius Kogoya yang juga merupakan salah satu tokoh agama di Distrik Ugimba, bahwa surat permohonan pengembalian pemangkasan DPT Distrik Ugimba yang diajukan warga masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Intan Jaya Distrik Ugimba kepada Panwas Kabupaten Intan Jaya sudah diteruskan kepada pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Dan dari pusat juga sudah menyetujui dan sesuai data KPU Pusat bahwa jumlah DPT yang sebenarnya adalah 9.562, sehingga hal ini menjadi kiranya menjadi perhatian serius KPU Kabupaten Intan Jaya untuk segera merubah dan kembalikan jumlah DPT Distrik Ugimba sesuai dengan jumlah DPT yang sebenarnya, bukan dipangkas atau dikurangi dari data yang sebenarnya. (cad)

Dibaca 295 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.