Personil Pengamanan Pemilu 2019 Akan Dilatih | Pasific Pos.com

| 17 October, 2019 |

Suasana coffee morning. Suasana coffee morning.

Personil Pengamanan Pemilu 2019 Akan Dilatih

Lintas Daerah Penulis  Selasa, 22 Januari 2019 17:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura-  Kapolres Biak Numfor, AKPB Mada Indra Laksanta.S.I.K, M.Si menyampaikan, jumlah Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Biak Numfor 398 orang dari 5 Dapil, sementara pola pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh personil Pam melibatkan 325 Polri, 150 TNI,  total 475 personil.

Kapolres menambahkan, untuk menghadapi pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres Tahun 2019, seluruh personil yang terlibat dan Linmas akan mengikuti pelatihan agar dalam pelaksanaan pengamanan berjalan dengan aman, baik dan lancar.

Demikian disampaikan Kapolres dalam kegiatan coffee morning, Selasa (22/1/2019) di gedung R. Soejoko Polres Biak Numfor, Distrik Biak Kota dalam rangka mewujudkan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres Tahun 2019 yang aman,damai dan sejuk di Kabupaten Biak Numfor.

Sementara itu, Ketua KPUD Kabupaten Biak Numfor, menyampaikan untuk tahapan Pemilu di Kabupaten Biak Numfor sudah berjalan dengan baik dan untuk sekarang logistik pemilu sudah datang yaitu kotak suara melalui jalur laut yaitu Kapal, untuk logistik lainya seperti surat suara, tinta menyusul.

Untuk SDM panitia Adhoc ditingkat PPD sudah kami sosialisasikan dengan melantik PPD sampai ke PPS dan kami memohon bantuan kerja samanya kepada pemerintah daerah dan keamanan agar dapat mengawal tahapan pemilu legislatif dan Pilpres tahun 2019.

Plt. Bupati Biak Numfor, Herri Ario Nap, S.Si, M.Pd menyampaikan akan mensosialisikan kepada para Kepala Kampung bahwa akan ada 5 kertas suara yang akan dipilih di bilik suara dan akan memakan waktu kurang lebih 11 menit bagi para pemilih sehingga akan memakan waktu yang lama dan dapat dimanfaatkan untuk kecurangan pemilu.
“Kami sudah menyampaikan kepada semua OPD agar partisipasi masyarakat Kabupaten Biak Numfor untuk ikut memilih kurang lebih 80 persen dan untuk itu kami akan memulai dengan perekaman E-KTP di Pulau- Pulau di Padaido, “imbuh Bupati.

Pihaknya menyampaikan agar Panwas menghimbau para Caleg agar menyampaikan dalam kampanye tidak memprovokasi dan sesuai aturan.

Danlanud Manuhua Biak, Marsma TNI Fajar Adrianto, M.Si  mengatakan bahwa TNI siap membantu Polri dalam pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres di Kabupaten Biak Numfor.

Sementara itu, Dewan Adat Biak, Gerrad Kafiar mengatakan telah menghimbau kepada anak-anak di kampungnya agar dalam mengikuti calon Anggota Legislatif dapat mengikuti secara baik sesuai prosedur dan jangan membuat situasi di Kabupaten Biak menjadi tidak aman.

“Kami juga sudah sampaikan apabila tidak terpilih menjadi anggota legislatif tidak melakukan tindakan atau  mengganggu situasi keamanan di Kabupaten Biak Numfor, “ucapnya. (Zulkifli)

Dibaca 210 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.