Tingkat Kedisiplinan ASN Pemda Nabire Sangat Rendah | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Tingkat Kedisiplinan ASN Pemda Nabire Sangat Rendah

Papua Tengah Penulis  Selasa, 22 Januari 2019 07:28 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE - Tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nabire sepanjang tahun 2018 masih minim. Hal ini terbukti dengan sorotan masyarakat, ASN-ASN yang seharusnya melayani masyarakat di wilayah kerja masing-masing hingga saat ini tidak melakukan Tupoksinya sebagai ASN.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Nbaire, Kompol Stev Liatpasen, saat diwawancarai Senin (21/1) kepada wartawan mengatakan, selaku Kasat Pol PP tidak menapik masalah tingkat kedisiplinan ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Nabire, karena hal tersebut memang nyata dan riil, bahwa ASN tingkat kedisiplinannya masih rendah atau minim.

“Tidak usah jauh-jauh, kita di lingkungan Setda ini saja kalau apel pagi sama apel sore itu bisa dihitung dengan jari, padahal pegawai di lingkungan Setda ini berjumlah dua ratus lima puluh orang, inikan nyata dan tingkat kedisiplinan di lingkungan Setda ini menjadi salah satu sorotan juga di masyarakat,” tuturnya.

Dikatkan, peran Satpol PP sendiri dalam hal penegakan disiplin kerja para ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire, tetap dan terus dilakukan selama 5 (lima) hari kerja sesuai ketentuan perundang-undangan. Tetapi, itu semua kembali lagi kepada karakter dan sifat dari ASN itu sendiri, dan juga pola kepemimpinan dari pejabat yang memimpin OPD-OPD itu sendiri.

Selain itu, masalah yang mendasar dalam penegakan disiplin ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nabire adalah masalah kesejahteraan dan sistim rekrutmen ASN.

“Selama ini kami dari Pol PP tetap melakukan upaya pembinaan kepada para ASN yang malas masuk kantor, karena ini pembelajaran orang dewasa. Beda kalau kita berikan pembelajaran kepada anak-anak, kalau orang dewasa ya kita ingatkan, kita sosialisasikan dan kita kasih arahan, kasih petunjuk, kita laporkan langsung kepada pimpinan OPDnya, karena tidak mungkin Kasat Pol PP atau Bupati datang ke kantor tersebut setiap hari hanya untuk kasih ingat ASN yang malas-malas ini,” ujarnya.
 
Menurutnya, pimpinan OPDlah yang seharusnya bisa memberikan contoh dan mengingatkan bawahannya untuk disiplin dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Tetapi, kalau setiap hari kerja Satpol PP ambil absen di setiap OPD, tapi pimpinan OPDnya sendiri tidak masuk kantor, itu sama saja memberikan arahan kepada para stafnya untuk malas masuk kantor dan tidak disiplin dalam menjalankan tugas.

Tambah Kasat Pol PP, absensi para pejabat juga dilakukan oleh Satpol PP setiap hari kerja, dan hal tersebut menjadi salah satu nilai tingkat kedisiplinan para pejabat itu sendiri, yang nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan bupati terhadap bawahannya.

Dirinya selaku Kasat Pol PP Kabupaten Nabire juga berharap kepada seluruh ASN dan juga para pimpinan OPD untuk lebih disiplin dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Tahun 2019 merupakan tahun perubahan bagi ASN, terutama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nabire. Sehingga, apa yang di harapkan oleh masyarakat terkait dengan pelayanan prima ASN terhadap masyarakat dapat terwujud. (cad) 

Dibaca 172 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.