Pemkot Jayapura dan KPU Bahas Kesiapan Pemilu 2019 | Pasific Pos.com

| 22 February, 2019 |

Pemkot Jayapura dan KPU Bahas Kesiapan Pemilu 2019

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 18 Januari 2019 12:53 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA-Pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu)  tahun 2019 sudah semakin dekat. Sehingga, segala persiapan dalam mensukseskan Pemilu dengan jujur, berintegritas, bermartabat, aman dan damai, harus bisa dilakukan.
Dengan demikian, ini tidak hanya menjadi tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja, Bawaslu dan Pemerintah. Namun, partisipasi masyarakat  dalam mensukseskan Pemilu, inilah yang utama dan pertama karena masyarakatlah yang menjadi ujung tombaknya.

Untuk itu, KPU Kota Jayapura, Bawaslu Kota Jayapura, bersama Pemkot Jayapura, DPRD Kota Jayapura, Kamis (17/1), telah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., dan jajajaran OPD dilingkungan Pemkot Jayapura, yang berlangsung diruang rapat Kantor Wali Kota Jayapura.

Inti dari pertemuan, yang juga dihadiri Kapolres Jayapura Kota AKBP. Gustav R.Urbinas  dan Kasdim 1701/Jayapura yakni, diharapkan Pemilu tahun ini, partisipasi masyarakat Kota Jayapura dalam memberikan hak suaranya harus bisa maksimal,   dapat melebihi target secara nasional lebih 77 persen.

Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., mengatakan, Pemerintah Kota Jayapura tetap berkomitmen mensukseskan Pemilu 2019, secara jujur, berintegritas, bermartabat dan damai. Hal ini ia tegaskan, karena masyarakat Kota Jayapura sudah cerdas, tidak mudah melakukan hal-hal yang merugikan.

Sehingga, dalam Pemilu ini, tetap akan berjalan lancar dan sukses, karena di Kota Jayapura tidak melaksankaan Pemilu dengan cara noken.

 “Saya minta pelaksanaan Pemilu ini harus berjalan sukses dan lancer, Badan Kesbangpol Kota Jayapura, Satpol PP Kota Jayapura, Kadistrik dan yang dari lingkup Pemkot harus mengambil perannya dengan baik. Dan saya harap kesiapan aparat kemanaan baik TNI/Polri juga sudah maksimal,’’ungkapnya.

Ditambahkannya, Pemilu kali ini tidak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden, namun juga wakil rakyat, sehingga dalam melaksanakan pencoblosan tentunya lebih lama. Dengan demikian, peran sosialisasi juga harus dilakukan maksimal, supaya masyarakat tetap mau berpatisipasi dalam menggunakan hak pilihnya, tidak takut atau bingung saat melakukan pencoblosan.

Hal lain yang dipesan Wali Kota, saat ini dalam masa kampanye harus  dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku, baik dalam pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK)  tetap harus diperhatikan, jangan sampai Caleg memasang di tempat  yang tidak diperbolehkan. Kemudian dalam hal logistic juga harus diperhatikan dan diatur dengan baik, jangan sampai ada keterlambatan, barang yang diterima ada dalam keadaan rusak dan petugas Linmas, PPD, PPS  yang dilibatkan dalam Pemilu juga harus diberikan pemahaman yang baik.

 “Semua tahapan kesiapan harus betul-betul dimatangkan, jangan sampai pada saat hari H masih sibuk sendiri-sendiri atau jalan sendiri-sendirii, sehingga komunikasi, koordinasi dan kerjasama harus dilakukan dari sekarang, ‘’pesannya.

Sementara itu, Ketua KPU Papua merangkan KPU Kota Jayapura Theodorus Kossay menambahkan,  memang dalam pertemuan ini, tujuannya untuk meningkatkan kesiapan masing-masing dalam suksesnya Pemilu 2019. Sehingga diharapkan, semua pihak bisa mengambil bagian masing-masing baik itu pemerintah melalui OPD terkait, pihak keamanan TNI/Polri dalam mengawal Kamtibmas saat Pemilu dan Bawaslu maupun KPU sendiri.

Namun yang lebih penting kata Theodorus, dalam pelaksanaan Pemilu ini diharapkan, masyarakat tidak ada yang Golput atau tidak memberikan haknya. Dimana masyarakat harus berpartisipasi dalam menggunakan hak suaranya.

Dibaca 70 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.