Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Amankan Empat Orang Pelintas Batas Ilegal | Pasific Pos.com

| 17 September, 2019 |

Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Amankan Empat Orang Pelintas Batas Ilegal

Kriminal Penulis  Kamis, 17 Januari 2019 07:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Prajurit Yonif PR 328/DGH yang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG berhasil mengamankan empat orang warga negara PNG yang diduga pelintas batas illegal, Selasa (15/01)
Kejadian bermula saat Danpos Kali Asin Letda Inf Khairul Arifin melaksanakan patroli untuk mencegah masuknya pelintas batas Illegal melalui jalan-jalan tikus yang menghubungkan kampung Kibay dan negara PNG. Saat pelaksanaan patroli, personel Satgas menemui empat orang yang saat ditanya tidak dapat berbahasa Indonesia dan menggunakan bahasa PNG yaitu Inggris vijin.

Empat orang yang diamankan tersebut adalah Nita (18 Th), Imbah (17 Th), Dirwah (15 Th) dan Benayan (10 Th). Keempat Warga Negara PNG tersebut diamankan karena memasuki wilayah Indonesia tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi.

Dansatgas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) mengatakan bahwa jalan-jalan tikus memang sering dilalui oleh pelintas batas illegal asal PNG tanpa melalui prosedur keimigrasian yang benar, sehingga perlu dilakukan pengamanan yang ketat guna mencegah segala bentuk tindak penyelundupan melalui jalur-jalaur darat.

“Di perbatasan sini, memang masih rawan sekali dengan adanya permasalahan-permasalahan yang menonjol seperti pelintas batas illegal, penyelundupan barang-barang terlarang serta kegiatan-kegiatan illegal lainnya. Sehingga dikhawatirkan akan menjadi salah satu jalur untuk penyelundupan barang illegal apabila dibiarkan” ujar Mayor Erwin.

Tugas pengamanan wilayah perbatasan merupakan salah satu tugas dari Angkatan Darat dalam melaksanakan operasi militer selain perang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sehingga merupakan tugas dan tanggung jawab Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH dalam melaksanakan pengamanan garis terdepan NKRI untuk mempertahankan kedaulatan Negara.

Dibaca 261 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.