Legislator Apresiasi Program Bupati Lanny Jaya | Pasific Pos.com

| 18 July, 2019 |

Bobirus Jikwa saat secara simbolis memberikan bantuan uang tunai  kepada masyarakat Lanny Jaya. Bobirus Jikwa saat secara simbolis memberikan bantuan uang tunai kepada masyarakat Lanny Jaya.

Legislator Apresiasi Program Bupati Lanny Jaya

Lintas Daerah Penulis  Rabu, 16 Januari 2019 21:03 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bobirius : Saya Sangat Kagum Dengan Kebijakan Itu



Jayapura, - Anggota Komisi V DPR Papua Bobirius Jikwa mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, khususnya Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalom yang tengah melakukan terobosan hebat sehingga dapat dinikmati oleh rakyatnya.

“Saya apresiasi Bupati bersama jajarannya dan DPRD Lanny Jaya yang mana telah mengambil kebijakan mengelola Dana Otonomi khusus (Otsus) dengan baik dan kebijakan tersebut lansung dirasakan oleh masyarakat,” kata Bobirus Jikwa kepada awak media di ruang kerjanya Komisi V DPR Papua, Rabu (17/1/19).

Politisi Partai Demokrat ini mengaku saat melakukan reses ke Lanny Jaya, masyarakat menyambut antusias dengan kebijakan Bupati Lanny Jaya tersebut.

Apalagi, kata Bobirus Jikwa, hasil dari dana Otonomi Khusus itu Pemkab Lanny Jaya membuat program bantuan lansung kepada rakyat ekonomi lemah, dalam artinya kepada masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan per bulan.

Bahkan, program itu sudah disepakati bersama DPRD Lanny Jaya dengan regulasi berupa peraturan daerah (perda) seiring akan berakhirnya dana Otsus.

“Kemarin saat melakukan reses di Kampung Ayapoka, Distrik Kayu, 30 Desember 2019, saya sendiri secara simbolis memberikan bantuan uang tunai itu kepada masyarakat,” kata Bobirus Jikwa.

Dijelaskan,  bahwa cara pembagiannya, seluruh kampung berkumpul di distrik kemudian melakukan pembagian secara terbuka dana yang diberikan ke masing-masing kampung tentunya bervariasi karena dihitung dari jumlah KK.

“Jadi setiap KK memperoleh Rp 1 juta per bulan dan penyerahannya tiap triwulan sekali,” jelasnya.

Bahkan kata Bobirius, sebagai anggota DPR Papua dari daerah pemilihan Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Jayawijaya dan Nduga ini, ia merasa sangat kagum dengan kebijakan itu, sebab dana Otsus itu langsung dinikmati oleh masyarakat Lanny Jaya.  

Ia berharap dana yang sudah dibagikan masyarakat dapat dipergunakan sebaik-baiknya,  terutama dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, termasuk biaya pendidikan anak-anak baik di daerah itu maupun yang sekolah di luar Lanny Jaya.  

Bobirus Jikwa juga berharap program yang telah dilakukan Bupati Lanny Jaya itu, bisa dicontoh oleh kabupaten/kota lainnya di Papua, agar benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

“Karena itu sudah jadi perda, maka ke depan jika ada pergantian bupati, program itu harus terus dijalankan, karena lewat program itu,  rakyat bisa sejahtera,” tandas Bobirius. (TIARA)

Dibaca 182 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.