Penyelenggara Pemilu Dituntut Gencar Lakukan Sosialisasi | Pasific Pos.com

| 18 July, 2019 |

Penyelenggara Pemilu Dituntut Gencar Lakukan Sosialisasi

Sosial & Politik Penulis  Selasa, 15 Januari 2019 19:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta untuk gencar melakukan sosialisasi tentang Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu .

Komisi II DPR RI dan KPU  memandang sosialisasi Pemilu Serentak  kepada masyarakat penting dan strategis, agar proses pelasanaan pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan maksimal,  sesuai  yang diharapkan masyarakat  bisa tercapai.    

Demikian disampaikan Anggota Komisi II DPR RI Libert Kristo Ibo, usai Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak Tahun 2018 di Fave Hotel, Jayapura, Selasa (15/1).

Libert Kristo Ibo selaku narasumber dalam kegiatan itu mengatakan proses pembuatan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sebelumnya mengalami keterlambatan.

Hal demikian mengakibatkan adanya tahapan sosialisasi Pemilu yang terlambat. “Karena itu, Komisi II DPR RI dan KPU memandang sosialisasi Pemilu serentak kepada masyarakat sangat penting dan strategis untuk dilakukan. Agar proses pelasanaan pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan maksimal, sesuai yang diharapkan masyarakat bisa tercapai,” terang ia.   

Ia menyadari masyarakat Papua belum sepenuhnya memahami UU Pemilu. Oleh karenanya, ia mengharapkan sosialisasi kali ini membantu masyarakat dalam memberikan pemahaman lebih jauh tentang Pemilu serentak tahun ini.

Sementara itu, Komisioner KPU Papua Tarwinto, setiap proses kenegaraan maupun kehidupan bermasyarakat, dimulai dari kegiatan pemilihan umum. Baik pemilihan umum bupati/walikota, gubernur, legislatif maupun presiden.

Dengan demikian, kegiatan pembangunan pun dihasilkan dari hasil proses pemilihan umum. “Untuk itu, yang katakan politik itu tidak baik, mari saya ajak masyarakat untuk coba kita hilangkan. Mari kita munculkan bahwa pemilu itu baik, karena setiap proses yang dijalankan pemerintah itu pun berawal dari Pemilu,” terangnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri relawan Pemilu, tokoh masyarakat, tokoh agama serta perguruan tinggi, Tarwinto berharap agar masyarakat dapat mendoakan pelaksanaan Pemilu 2019, dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Dilain pihak mampu menghasilkan pemimpin yang bersih dan mengerti rakyat. “Sebab pemimpin yang peduli dengan rakyat akan mampu memakmurkan rakyatnya. Sehingga harapan kita kedepan pemimpin yang terpilih itu bisa diakui oleh dunia internasional,” terangnya.

Dibaca 168 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX