Gempa 4,5 SR Guncang Kepulauan Yapen | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Gempa 4,5 SR Guncang Kepulauan Yapen

Papua Tengah Penulis  Senin, 07 Januari 2019 16:12 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura mencatat, gempa berkekuatan 4.5 Skala Richter mengguncang Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Minggu siang pukul 10.29 WP.

“Episenter gempa bumi terletak di 1,66 Lintang Selatan dan 135,64 ujur Timur atau sekitar 22 kilometer barat laut Kabupaten Kepulauan Yapen, pada kedalaman 10 kilometer dan dampknya dirasakan hingga Kota Serui dan sekitarnya,” ujar Kepala BMKG Wilayah V Petrus Demon Sili, M.Si dalam rilisnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter serta mekanisme bola fokal yang dianalisa, kata Demon, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Yapen dengan arah pergerakan strike-slip mengiri (mendatar mengiri).

“Dapat dirasakan hingga ke di Serui dengan intensitas II-III MMI, dari laporan masyarakat,” terangnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Dan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami,” jelasnya. (pas)

Dibaca 237 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX