2018, Polda Papua Ungkap 81 Kasus Korupsi | Pasific Pos.com

| 18 July, 2019 |

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin. Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin.

2018, Polda Papua Ungkap 81 Kasus Korupsi

Headline Penulis  Rabu, 02 Januari 2019 19:36 font size decrease font size increase font size 1
Beri rating artikel ini
(0 voting)

"50 Miliar Uang Negara Diselamatkan"



JAYAPURA,- 81 kasus tindak pidana korupsi berhasil di ungkap Polda Papua dalam kurun waktu satu tahun sejak Januari hingga Desember 2018 di Provinsi Papua.

Kapala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jendral  Polisi, Martuani Sormin menuturkan dari 81 kasus tindak pidana korupsi, pihaknya berhasil menyelesaikan 23 kasus sementara sisanya masih dalam tahap penyelesaian oleh penyidik baik di Polda Papua maupun Polres Jajaran.

"23 kasus dari 81 yang ditangani sudah dilimpahkan ke Pengadilan untuk diproses artinya itu sudah selesai penanganannya oleh kami, sementara 58 kasus masih dalam proses," ujarnya.

Kata Sormin, dari pengungkapan kasus korupsi pihaknya berhasil menyelamatkan uang negara hingga 50 miliar lebih dan telah dikembalikan kepada kas negara.

"Kami selamatkan uang negara dari kasus korupsi lebih besar 30 miliar dari tahun sebelumnya, dan ini salah satu prestasi kami," tuturnya.

Ia menerangkan, tidak sedikit pejabat di pemerintahan Baik di Kabupaten maupun provinsi yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana Korupsi.

"Ada Bupati, ada Kepala dinas yang kami tetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi, selain itu modus dalam kasus itu bermacam-macam mulai dari pekerjaan fiktif hingga kasus penyelewengan dana desa bahkan kasus pencucian uang," tuturnya.

Dirinya menambahkan, di tahun 2018 kasus Korupsi lebih menurun dibandingkan tahun 2017. Tercatat ditahun 2017 ada 90 kasus sementara tahun 2018 hanya 81 kasus namun penyelamatan uang negara di tahun 2018 lebih besar dibandingkan tahun lalu.

"Tahun ini Polda Papua merupakan Polda terbaik yang berhasil menyelamatkan uang negara dan itu nominal terbesar," tegasnya.

Mantan Kapolda Papua Barat ini pun mengharapkan agar kedepanya seluruh Penyidik baik di Polda Papua maupun di Polres bisa bekerja lebih baik lagi dalam pengungkapan kasus tindak pidana Korupsi sesuai target yang diberikan.

Dibaca 681 kali

1 comment

  • Comment Link dorus wakum 28/ 05/ 2019 posted by dorus wakum

    Saya Dorus Wakum Koordinator Umum Nasional LSM.KAMPAK Papua meminta kepada Kapolda Papua yang baru supaya tangkap koruptor di waropen dari tiga kasus besar yang sementara ditangani oleh penyidik polda papua seperti ; (1.) kasus Pengadaan Motor Dinas sebanyak 1000 unit motor roda dua dengan anggaran kira-kira Rp,13 miliard lebih. (2). kasus pengaspalan jalan urfas ke kampung uri sepanjang 5km dengan anggaran senilai Rp.22 Miliard dan (3). kasus pembangunan Talud Pemecah Ombak di kampung Paradoi senilai Rp.14 Miliard lebih; Tolong Bapak Kapolda Baru periksa penyidik polda yang turun ke Waropen sudah hampir tiga empat kali turun tetapi perkembangan kasusnya tidak jelas. harapan masyarakat waropen bahwa para pelaku harus ditangkap. selanjutnya buat kapolres waropen supaya pelaku korupsi di dinas perikanan yang sudah ditetapkan jadi tersangka seharusnya sudah di masukkan ke penjara, demikian terima kasih salam damai dari waropen negeri 1000 bakau. hormat saya Dorus Wakum.

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.