Isi Pejabat OPD, Pemprov Papua Lakukan Lelang Jabatan | Pasific Pos.com

| 22 February, 2019 |

Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama insan pers. Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama insan pers.

Isi Pejabat OPD, Pemprov Papua Lakukan Lelang Jabatan

Info Papua Penulis  Sabtu, 29 Desember 2018 17:17 1
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

JAYAPURA,-  Untuk mendapatkan posisi strategis dalam struktur pemerintahan, maka setiap pejabat wajib mengikuti uji kompetensi.

Hal ini disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe kepada wartawan di Jayapura, Sabtu, 29 Desember 2019.

Gubernur menegaskan, agar pengisian struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sekaligus pengisian pejabat di OPD baru, maka semua pejabat harus siap dan mengikuti uji kompetensi.

Jadi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua merampingkan 51 Organisasi Perangkat Daerah menjadi 35 OPD. Oleh karena itu, kita akan tempatkan pejabat yang memenuhi syarat pada setiap OPD. Kita akan lakukan uji kompetensi kepada semua pejabat eselon II di Pemprov Papua," ujarnya.

Menurunya, pejabat eselon II yang lolos otomatis akan mendapat jabatan, sementara yang tidak lolos tentu karirnya akan berakhir. "Kita akan seleksi terbuka bulan depan, setelah sidang APBD Papua 2019," tegasnya.

Selain itu, kata Gubernur, dalam 35 OPD baru ini, ada badan baru yakni Badan Otsus Dan Orang Asli Papua.

Dimana, badan baru ini akan memaksimalkan pengelolaan dana Otonomi Khusus (OTSUS) sesuai dengan peruntukannya pada lima bidang utama. yakni, Bidang Pendidikan, Kemasyarakatan, Kesehatan, Infrastruktur, Ekonomi Kerakyatan dan Kesejahteraan Umum.

“Semua dana otsus akan dikelolah badan tersebut, tidak ada dana lewat dinas lain. semua akan dikelola oleh badan ini, diperuntukan oleh orang papua, dikerjakan oleh orang Papua,” Tegansya.

Agar penggunaan dana otsus tersebut lebih maksimal, lukas enembe mengaku, badan tersebut nantinya terdiri dari orang semua Orang Asli Papua (OAP).

 “Tidak ada orang lain bisa masuk disitu, sudah final, seluruh dana otsus akan dikelolah disitu, tidak boleh dikelola oleh dinas lain,” kata Lukas Enembe.

Dijelaskannya, badan ini akan mengurus masalah kependudukan, ekonomi, pendidikan dan kesehatan. dengan demikian dinas lain tidak akan mengelola Otsus lagi.

Dibaca 426 kali

1 comment

  • Comment Link Fegie W Rontini 30/ 12/ 2018 posted by Fegie W Rontini

    Sudah waktunya ...OAP yang berintegritas dan punya hati demi kepentingan Papua yang ditempatkan dan terpilih...
    Lelang jabatan kiranya yang lolos adalah yang mempunyai kompetensi dibidangnya...

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX