Berkunjung ke Perbatasan RI-PNG, Menteri Keuangan Dianugerahi Wiwin Kaurah | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati melakukan ritual selamat datang saat berkunjung ke perbatasan RI-PNG. Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati melakukan ritual selamat datang saat berkunjung ke perbatasan RI-PNG.

Berkunjung ke Perbatasan RI-PNG, Menteri Keuangan Dianugerahi Wiwin Kaurah

Info Papua Penulis  Kamis, 20 Desember 2018 10:50 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) di Skouw pada Selasa (18/12/2018).

Kunjungan kerja pertama kalinya itu disambut oleh Kepala Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Yan Z. Numberi dengan adat Saireri yakni melakukan ritual injak piring sebelum melanjutkan peninjauan dalam gedung PLBN dan pasar perbatasan Skouw.

Yan Z. Numberi mengatakan, ritual yang dijalankan Menteri Sri Mulyani terkait kunjungan kerja tersebut adalah budaya yang diberikan kepada pembesar atau pejabat tinggi negara yang datang ke daerah Ambai, Kepulauan Yapen selalu diadatkan budaya ritual tersebut untuk menghargai atau penghormatan kepada mereka yang baru menginjakkan kaki di wilayah tersebut.

“Budaya ini saya buat turun temurun, kami memberi gelar kepada Menteri Sri Mulyani yakni Wiwin Kaurah yang artinya Perempuan Bangsawan yang dianggap luar biasa, terbaik dan memberikan sesuatu kepada kami, “jelas Yan.

Seperti diketahui, Menteri Sri Mulyani dalam kunjungan kerjanya di wilayah perbatasan RI-PNG untuk meninjau instansi vertikal Kementerian Keuangan yang ada di wilayah tersebut yakni Bea dan Cukai.

Sebelum meninjau kantor tersebut, Menteri Sri Mulyani berkesempatan melihat langsung pasar perbatasan Skouw. (Zulkifli)

Dibaca 253 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX