Pemprov Papua Klarifikasi Pemblokiran ASN Tipikor | Pasific Pos.com

| 22 February, 2019 |

Pemprov Papua Klarifikasi Pemblokiran ASN Tipikor

Info Papua Penulis  Senin, 17 Desember 2018 22:33 1
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memblokir 146 aparatur sipil negara (ASN) yang telah dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor).

Terkait hal itu, Pemerintah Papua akan segera melakukan klarifikasi ke BKN Papua. “kita akan klarifikasi, sebagai upaya menanyakan apakah ASN yang sudah menjalani hukuman pidana, tetap mendapat pemberhentian secara tidak hormat atau sebaliknya. Sebab jujur ada juga ASN yang sudah menjalani hukuman penjara. Sehingga ini yang harus ada pengklarifikasian dengan BKN sebelum ada pengambilan keputusan dari gubernur dan bupaten/walikota, selaku pejabat pembina kepegawaian di wilayahnya,” kata Sekda ketika dikonfirmasi, Senin pagi di Jayapura.

Diketahui, Badan Kepegawaian Negara memastikan bakal memblokir data base 146 ASN di Papua yang telah dinyatakan terbukti bersalah melakukan pelanggaran tindak pidana korupsi.

Pemblokiran data base ini dikarenakan belum ada respon dari 29 pemerintah kabupaten dan kota di Papua, terkait surat yang dilayangkan oleh BKN Jayapura guna menyerahkan nama-nama pegawainya yang pernah tersangkut kasus Tipikor.

Kendati demikian, BKN masih memberikan batas waktu hingga Desember 2018 kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, untuk memberikan konfirmasi ke BKN sebelum dilakukan pemblokiran.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jayapura pun sebelumnya pun memastikan bakal melaksanakan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang pemecatan terhadap koruptor berstatus PNS, bila telah menerima petunjuk pelaksanaan (Juklak) dari BKN

Menurut Plt. Sekretaris Kota Jayapura Frans Pekey pemecatan PNS sebagaimana yang didorong SKB tiga menteri dan KPK, masih belum bisa dilaksanakan tanpa Juklak dari BKN. Sebab terkait penerapan putusan ini pun sebenarnya butuh sosialisasi dan harus jelas. Karena banyak juga PNS yang sudah menjalani hukuman.

Dibaca 200 kali

1 comment

  • Comment Link Incessken 17/ 12/ 2018 posted by Incessken

    Dengan adanya pemecatan Asn oleh rezim Jokowi dan konco konco nya,bersatulah ASN seperti Indonesia untuk stop memilih Jokowi beserta partai pendukung Jokowi,tanpa ada rakyat yg memilih Jokowi dan partai pendukung nya , mereka bukan siapa siapa ,mereka akan kehilangan tahta tercinta pemerintah pusat sedang bermain api dan ingin mencoba berapa banyak rakyat sakit hati dgn aturan ini,bukti kan pada partai PDI hancurkan mereka ,bangkitkan Prabowo dan partai Gerindra

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.