Pembentukan PTSP Permudah Pelayanan Publik | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin. Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin.

Pembentukan PTSP Permudah Pelayanan Publik

Kota Jayapura Penulis  Senin, 17 Desember 2018 22:21 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menegaskan pembentukan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dan peresmian Website papua.kemenag.go.id dapat mempercepat dan mempermudah pelayanan publik.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin pada peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dan peresmian Website papua.kemenag.go.id di halaman kantor kanwil kemenag provinsi papua, jumat (14/12/2018) yang dihadiri forkompimda dan tokoh agama.

Menurutnya PTSP memiliki dua simbol yang sangat penting yakni simbol bagmana pelayanan kepada umat semakin berkualitas.

“Kita mau dekatkan diri kepada masyarakat agar masyarakat lebih mudah mengakses melalui website dengan tujuan agar pelayanan bagi masyarakat semakin baik,” tandasnya.

Serta pelayanan secara langsung kepada masyarakat, pelayanan tidak hanya semata mendekatkan diri kepada masyarakat. tetapi bagaimana mempermudah akses kepada masyarakat guna meningkatkan pelayanan keagamaan, sebelumnya masyarakat mengeluhkan pelayanan yang sangat lambat keagamaan hanya sekedar mendapatkan informasi.

“kita ingin tinggalkan hal tersebut, kita ingin menghadirkan ptsp dengan pelayanan yang lebih efisien dan efektif namun kualitas pelayanan terus bertambah,” ucapnya.

sementara itu Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH dalam sambutan tertulisnya dyang dibacakan Staf Ahli Gubernur Papua, Anni Rumbiak mengatakan, pembentukan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kementerian Agama Wilayah Provinsi Papua, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura diharapkan menjadi inspirasi dan contoh dalam peningkatan pelayanan publik.

 “Sebagai bagian dari pemerintah yang melayani masyarakat di provinsi papua, sinergi sangat dibutuhkan diantara unsur-unsur pemerintah yang ada. sinergi ini dibangun melalui komunikasi efektif dan koordinasi yang insentif,” katanya.

Lanjutnya, mengacu pada Peraturan Presiden RI nomor 97 tahun 2014 tentang PTSP yang bertujuan memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang lebih mudadan memberikan pelayanan yang lebih luas.

“Hal ini merupakan tujuan ideal yang jika tercapai akan memberikan kepuasaan bagi publik dan iklim positif pelayanan publik dan iklim pelayanan publik sebagai ciri birokrasi yang reformatif,” terangnya.

Namun demikian, PTSP menuntut kesiapan dan kesanggupan asn untuk membuat beradaptasi dan terus melakukan perubahan yang produktif dan konstruktif. adaptasi dengan teknologi informasi dan komunikasi bahkan cara berpikir, bersikap dan bertindak yang mungkin berbeda dalam arti lebih positif.

Dibaca 143 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.