Serahkan Bantuan Alsintan ke Sejumlah Keltan, Ini Pesan Sulaeman Hamzah | Pasific Pos.com

| 17 September, 2019 |

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah, didampingi Kepala Dinas TPH Adolf Yoku, S.P, M.M., ketika memberikan bantuan Alsintan secara simbolis kepada salah satu perwakilan Kelompok Tani, di Aula Dinas TPH Kabupaten Jayapura, yang berada di Gedung D Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (16/11/18) sore. Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah, didampingi Kepala Dinas TPH Adolf Yoku, S.P, M.M., ketika memberikan bantuan Alsintan secara simbolis kepada salah satu perwakilan Kelompok Tani, di Aula Dinas TPH Kabupaten Jayapura, yang berada di Gedung D Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (16/11/18) sore.

Serahkan Bantuan Alsintan ke Sejumlah Keltan, Ini Pesan Sulaeman Hamzah

Kabupaten Jayapura Penulis  Senin, 19 November 2018 10:11 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Kepedulian Anggota DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah terhadap pertanian di wilayah Provinsi Papua, sungguh besar. Kali ini, Jumat (16/11/18) sore, Anggota Komisi IV DPR RI tersebut menyerahkan berbagai alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani (Keltan) di Kabupaten Jayapura.

Penyerahan tersebut dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P, M.M., Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Edison Awoitauw, S.T., sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Jayapura serta para kelompok tani yang menerima bantuan alsintan di Aula Kantor Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Gedung D Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Sulaeman L. Hamzah mengatakan, sebagai anggota DPR RI Daerah Pemilihan Papua, penyerahan bantuan alsintan bagi kelompok tani di Kabupaten Jayapura ini juga di beberapa kabupaten di Provinsi Papua  mendapatkan hal atau bantuan yang sama. Dari berbagai unit bantuan alsintan yang diserahkan hari ini (kemarin), juga masih ada lagi tambahan yang nantinya akan datang di akhir bulan November 2018 ini.

“Ini (paket bantuan alsintan) murni wujud aspirasi kami sebagai anggota DPR RI, yang diserahkan kepada masyarakat penerima dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan juga ekonomi keluarga maupun masyarakat di lingkungan sekitarnya,” ungkap Sulaeman Hamzah ketika dikonfirmasi wartawan usai menyerahkan bantuan berbagai unit Alsintan, Jumat (16/11/18) sore.

Ia mengharapkan masyarakat pengguna alat mesin pertanian ini bisa digunakan secara kelompok dan tidak mengklaim bantuan itu sebagai barang milik pribadi. Karena, setiap kelompok tani harus merasakan manfaat dari bantuan alsintan tersebut.

“Begitupun juga dengan cara perawatan alat ini, mereka harus sama-sama menggunakan cara yang tepat untuk bisa memperoleh uang kas, kemudian itu bisa di pakai sewaktu-waktu kalau alat memerlukan perawatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P, M.M., mengapresiasi kepada Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah atas penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada sejumlah kelompok tani (Keltan) di Kabupaten Jayapura.

“Kita dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas TPH sangat memberikan apresiasi kepada bapak H. Sulaeman Hamzah selaku Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Papua. Perhatian dari beliau ini lebih besar sekali, terutamanya di bidang pembangunan pertanian. Dan khusus untuk Provinsi Papua ini, kita sudah lakukan kerjasama dengan Komisi IV DPR RI ini kurang lebih hampir empat tahun sejak tahun 2015 lalu,” ujarnya.

Lanjut pria yang mahir berbahasa Jepang ini mengatakan, kebutuhan akan alat mesin pertanian (Alsintan) ini sangat tinggi sekali tingkat kebutuhannya di kalangan petani.

Ia menjelaskan, bantuan alsintan yang merupakan alat pra panen berupa traktor roda empat, traktor roda dua, pompa air, kultivator dan combain harvester yang merupakan alat paasca panen. Dengan tujuan utama mempersingkat waktu tanam.

“Bantuan alsintan dari Anggota Komisi IV DPR RI ini khususnya di Bumi Khenambay Umbay saja sudah hampir mencapai 50 hingga 60 unit berbagai alat mesin pertanian secarea keseluruhan yang diterima oleh para petani kita di daerah ini,” katanya.

Kata Adolf Yoku, bantuan alsintan ini sangat membantu sekali kepada para petani, baik yang ada di wilayah pembangunan (WP) I, III dan IV di Kabupaten Jayapura. ”Alsintan ini juga merupakan upaya peningkatan di sektor pertanian, khususnya di Bumi Khenambay Umbay,” katanya.

“Dengan adanya alsintan ini, kIta harapakan bisa digunakan sebagaimana fungsinya,” pinta Adolf Yoku yang pernah menjabat Kepala Sekolah SPMA di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura tersebut.

Dibaca 207 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.