Donor Darah di Kota Jayapura Masih Minim | Pasific Pos.com

| 17 September, 2019 |

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM.

Donor Darah di Kota Jayapura Masih Minim

Kota Jayapura Penulis  Senin, 05 November 2018 00:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan masyarakat yang mendonorkan darahnya masih minim.

"Yang ingin berdonorkan darahnya secara sukarela masih sangat jarang dan kurang. Harusnya berdasarkan Permenkes, 2,5 persen dari jumlah penduduk," ujar Rustan di Jayapura, Sabtu (3/11/18).

Padahal, kata Rustan, donor darah sangat penting karena dalam tubuh mengalir sebanyak lima liter darah, dan bila menyumbangkan lima ml bisa membuat tubuh sehat.

"Darah dalam tubuh empat bulan harus berganti sehingga menjadikan jantung sehat dan ewet muda," jelas Rustan.

Wakil Wali Kota Jayapura ini menambahkan, langkah PMI Kota Jayapura agar banyak masyarakat yang mau mendonorkan darahnya, yaitu sosialisasi.

Selain itu, bekerjasama dengan komunitas, sekolah, ormas, paguyuban sehingga ketersediaan darah di kota Jayapura tetap terjaga.

"Beredar informasi di masyarakat kalau mendonorkan darah membuat susah tidur, cepat lelah dan lain sebagainya. Padahal mendonorkan darah sangat sehat. Mendonorkan darah juga bersedekah dan bisa mendatangkan pahala," ungkap Rustan.

Dibaca 193 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX