Gubernur : Pejabat Pemkab Jangan Bermimpi Jadi Carateker Bupati | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Gubernur : Pejabat Pemkab Jangan Bermimpi Jadi Carateker Bupati

Headline Penulis  Selasa, 30 Jun 2015 12:29 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengingatkan kepada para pejabat ditingkat Kabupatan agar tidak berangan-angan (mimpi) mengusulkan diri menjadi Carateker (Penjabat) Bupati di daerahnya.
“Pejabat di Kabupaten jangan berangan-angan mengusulkan orang dari Kabupaten untuk jadi Penjabat Bupati, karena Mendagari sudah tegas bicara. Jadi saya harap itu jangan mengganggu mekanisme Pemerintah,” kata Lukas Enembe dalam amanat Pelantikan Penjabat Bupati Nabire, Senin (29/6).
Menurut Gubenur, Penjabat Bupati atau Walikota hanya bisa diisi oleh pejabat di lingkungan Provinsi Papua dengan jabatan setingkat Kepala Biro. Gubernur juga melarang Kepala SKPD yang mengajukan diri menjadi Penjabat Bupati.
“Kepala Dinas bertugas melaksanakan hal-hal teknis, tidak boleh ajukan diri jadi Carateker (Penjabat), jadi mohon maaf kalau ada yang mau mendaftar, karena ada Kepala Biro yang juga kaki tangan saya,,” tegasnya lagi.
Gubernur juga menegaskan bahwa penunjukan Penjabat Bupati atau Walikota adalah menjadi kewenangan gubernur selaku perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat. Gubernur juga tidak membenarkan adanya usulan dari tingkat Kabupaten untuk menjadi Penjabat Bupati.
“Itu sebabnya, Bupati-Bupati jangan intervensi, dan tidak boleh ada usulan- usulan dari Kabupaten. Saya pastikan orang-orang yang menjadi Penjabat Bupati adalah orang yang terbaik. Itu sudah jelas dan Mendagri sudah tahu, ” kata Lukas Enembe dihadapan undangan. 
Ia meminta kepada para Kepala Biro agar menyiapkan diri untuk dikirim ke berbagai Kabupaten di Papua untuk menjadi Penjabat Bupati. Persiapan ini, sesuai amanat Konstitusi yang mengharuskan Pemerintah Provinsi mengisi kekosongan pejabat Bupati dalam proses Pemilukada. 
”Diperkirakan tanggaL 9 Desember kita akan melaksanakan Pemilukada serentak dan pelantikannya bulan Juli, jadi bisa mencapai 1 tahun kekosongan itu,” kata Lukas Enembe. (Syaiful)

Dibaca 1427 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.