BPN Kota Jayapura Sudah Serahkan 2.500 Sertifikat Tanah | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Jayapura, Roy E. F. Wayoi. Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Jayapura, Roy E. F. Wayoi.

BPN Kota Jayapura Sudah Serahkan 2.500 Sertifikat Tanah

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 26 September 2018 18:32 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Jayapura, Roy E. F. Wayoi mengatakan 2.500 sertifikat tanah sudah diserahkan kepada pemiliknya.

"Tahun ini kami sudah serahkan 100. Ada 2.500 sertifikat terbagi 500 sertifikat bantuan dan 2.000 untuk peta bidang," kata Roy di Kampung Kayu Batu, Distrik Jayapura Utara, Rabu (26/9/18).


Kata Roy, sertifikat tanah yang sudah dibagikan kepada masing-masing pemilik tanah, hampir tersebar di semua distrik di Kota Jayapura melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).


"Ada sertifikat untuk rumah ibadah, kampung adat, dan sertifikat umum terdiri dari Kelurahan Bhayangkara, Kampung Tobati, Kampung Enggros dan Skouw," kata Roy.


Dengan adanya sertifikat tanah, jelas Roy, menjadi legalitas hukum bagi masyarakat yang memiliki tanah karena adanya kepastian kepemilikan.


Lanjutnya, untuk bisa memiliki sertifikat mengurus melalui kepala kampung atau lurah dan mengajukan permohonan kepada BPN untuk ikut sebagai peserta PTSL.


"Ajukan atas nama siapa, kemudian dokumen-dokumen seperti surat pelepasan adat dan bukti pembelian harus dilengkapi," kata Roy.


Roy menambahkan, sebelum diterbitkan sertifikat, pemerintah sudah melakukan pemeriksaan agat tidak terjadi ketimpangan, tumpang tindih klaim dan konflik atas tanah, kemudian dilegalkan dan diakui haknya barulah diterbitkan sertifikatnya.

Dibaca 527 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX