FEB Unipa Gandeng BI dan Bulog Bersama BEI Gelar Pekan Pembinaan Ekonomi | Pasific Pos.com

| 12 December, 2019 |

FEB Unipa Gandeng BI dan Bulog Bersama BEI Gelar Pekan Pembinaan Ekonomi

Papua Barat Penulis  Senin, 24 September 2018 14:30 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Sejumlah mahasiswa/I di Papua Barat Fakultas Ekonomi  dan Bisnis (FEB) Universitas Papua tengah mengadakan kegiatan bagi penerima beasiswa bidik misi.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Papua, Rumas Alma Yap mengatakan, FEB mengadakan kegiatan bagi penerima beasiswa Bidikmisi, khusus bagi mahasiswa angkatan 2015, 2016 dan 2017. Jumlahnya sekitar 300 orang,” terangnya kepada Tabura Pos, di aula Fakultas Ekonomi Universitas Papua (Unipa), Sabtu (22/9).

Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Papua ini menjelaskan, bahwa kegiatan ini sudah berlangsung beberapa minggu lalu. Dan, saat ini Jumat dan Sabtu menyesuikan dan ini adalah kegiatan lanjutan, pada kesempatan ini yang membawakan materi adalah dari Bank Indonesia (BI), Bulog Manokwari, dan Bursa Efek Indonesia (BEI) cabang Papua Barat.

Rumas, mengatakan, FEB sudah melakukan kerjasama dengan BEI, dan ada dari perwakilan mereka membuka tempat dan ruangan disini. Khususnya bagi mahasiswa dan dosen.

Dikatakannya, partisispasi mahasiswa di dalam kegiatan bursa efek ini, belum mencapai 100%, dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi. Pertama karena ketidaktahuan dan kurang pengetahuan yang mendalam tentang pasar modal. Ada kekhawatiran mungkin apakah uangnya ini aman atau tidak.

Lebih lanjut dijelaskan Rumas, pihaknya harus tetap mencoba mengajak BEI selaku pasar modal, untuk sering melakukan sosialisasi. Terdapat sebanyak 60% para dosen FEB yang terlibat dalam kegiatan ini. FEB bekerjasama dengan BI dimana ada Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak universitas. Kerjasama yang dilakukan tidak hanya semata-mata tentang peredaran uang saja, “kami mengajarkan mata kuliah keuangan di FEB” terangnya.

Selalu ada pelatihan-pelatihan untuk para dosen, juga cara meng-update data. Tetapi, pengetahuan juga harus ditingkatkan, bukan peredaran uang tetapi secara kebijakan makro, mikro, dan moneternya jelas.

FEB juga mengundang bulog, kemungkinan tidak lepas dengan situasi ekonomi sekarang, “Jadi kenapa tadi ada BI dan Bulog? ini kan ada keterkaitannya, ketika BI berbicara mengenai bagaimana kondisi rupiah sekarang, ini terkait dengan bagaimana kondisi di pasar. Dengan keadaan ini, kondisi sembako, tanggapan dan daya beli masyarakat bisa dilihat itu yang tadi disampaikan”tuturnya.

Animo mahasiswa dan keluarga besar Unipa untuk berbelanja cukup baik, "harapan kami bapak ibu dosen dan keluarga Unipa seluruhnya dapat memanfaatkan momen seperti ini" tukasnya seraya berharap, kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan, bukan hanya sebatas kegiatan Bidikmisi saja, tetapi juga ada kegiatan lainnya.[CR48-R3] 

Dibaca 236 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX