Sekda : RPJMD Papua Harus Sinergi dengan Pusat | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Sekda Hery Dosinaen, S.IP.M.KP, M.Si, didampingi Narasumber dan stakeholder lainnya, ketika membuka kegiatan orientasi penyusunan RPJMD di Hotel Aston Jayapura, Kamis (20/9/2018). Sekda Hery Dosinaen, S.IP.M.KP, M.Si, didampingi Narasumber dan stakeholder lainnya, ketika membuka kegiatan orientasi penyusunan RPJMD di Hotel Aston Jayapura, Kamis (20/9/2018).

Sekda : RPJMD Papua Harus Sinergi dengan Pusat

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 20 September 2018 18:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua melaksanakan orientasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

Orientasi yang melibatkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Bappenas, Kamis (20/9/2018) dibuka oleh Sekda Papua, Hery Dosinaen.


Orientasi penyusunan RPJMD tersebut diikuti seluruh organisasi perangkat daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Papua, dan Bapeda Pemkab Kabupaten/Kota.


Sekda Hery Dosinaen dalam dalam sambutannya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut secara aktif dengan memberikan masukan dan saran agar hasil rancangan RPJMD Papua nantinya dapat tersusun lebih sempurna, dan mesti terintegrasi dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, sehingga semuanya menjadi terarah dan tak membias kepada kepentingan-kepentingan tertentu.


“RPJMD dan RPJMN ini berkesinambungan dan juga kelanjutan yang harus menjadi acuan kita didalam orientasi dan berdasarkan pada aturan-aturan yang menjadi referensi kita dalam penyusunan RPJMD ini,” ungkap Sekda.


Sekda menjelaskan, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe dan Klemen Tinal dilantik pada tanggal 5 September 2018 lalu di Istana Negara, Jakarta. Dan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua menyampaikan Visi Misi pada pelaksanaan sidang paripurna di DPRP di Jayapura 6 September 2018 lalu. Visi Misi tersebut merupakan kelanjutan dari Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2014 yakni Papua Bangkit Mandiri Sejahtera yang Berkeadilan.


Kepala Pusat Data dan Analisa Pembangunan Bappeda Papua Andry dalam laporannya mengatakan, orientasi penyusunan RPJMD ini merupakan salah satu tahapan persiapan dalam penyusunan RPJMD Provinsi Papua periode 2018-2023.


Dimana, dari beberapa tahapan penyusunan RPJMD mulai dari tahapan persiapan, tahapan penyusunan, tahapan rancangan awal. “Ada beberapa tahap yang akan kita lalui sesuai arahan Kepala Bappeda Provinsi Papua, proses penyusunan RPJMD kali ini itu betul-betul kita mengaktualisasikan seluruh tahapan sudah ada dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.


Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan bagaimana penyusun RPJMD dan seluruh stakeholders yang terlibat dalam penyusunan ini memiliki perspektif yang sama tentang penyusunan RPJMD, misalnya dari sudut peraturan perundang-undangan, proses dan mekanisme sampai dengan substansi RPJMD itu sendiri.


“Mudah-mudahan dengan penyusunan RPJMD ini, antara RPJMD atau perencanaan kinerja sangat relevan dalam penilaian SAKIP. Mudah-mudahan ini dapat memperkuat kita semua,” lanjutnya.

Dibaca 350 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.