Gelar Aksi Dukung Referendum, 34 Orang Diamankan | Pasific Pos.com

| 25 May, 2019 |

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas. Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas.

Gelar Aksi Dukung Referendum, 34 Orang Diamankan

Headline Penulis  Rabu, 05 September 2018 12:51 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Hendak melakukan aksi demo untuk mendukung referedum di seputaran halaman kampus USTJ Sekumpulan orang diamankan Pihak Kepolisian Resort Jayapura Kota, Selasa (4/9) siang.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan 34 orang yang diamankan  terdiri dari mahasiswa dan warga sipil  di halaman kampus USTJ lantaran aksi yang dilakukan dinilai melanggar aturan bahkan dianggap menyimpang dari kaidah negara kesatuan republik Indonesia.

"Kami ada amankan 34 orang di areal kampus, Walaupun kegiatannya dilakukan di dalam kampus, akan tetapi tujuannya sudah jelas tidak menjaga keutuhan negara kita apalagi tidak masuk dalam agenda resmi universitas," ungkapnya saat diwawancarai Selasa (4/9) malam di Mapolres Jayapura Kota.

Kata Gustav 34 orang yang diamankan tidak semua merupakan mahasiswa melainkan  gabungan dari warga, sehingga pihaknya akan meminta klarifikasi dari pihak kampus tersebut.

"Menurut saya dari 34 orang ini tidak semuanya mahasiswa. Oleh karena itu kita akan klarifikasi kepada pihak kampus, itu bagaimana bisa orang-orang yang bukan mahasiswa bisa melakukan kegiatan luar dalam lingkungan kampus serta agendanya di luar kampus," jelasnya.

Ia menuturkan sampai dengan saat ini Ke 34 orang yang diamankan di seputaran  halaman kampus USTJ tersebut masih dalam pemeriksaan oleh Sat Reskrim Polres Jayapura Kota dan nantinya akan dikembangkan labuh lanjut apakah ada penahanan atau hanya dibuatkan surat penyataan di bawah materai agar tidak mulai perbuatan serupa kelak nanti.

"Mereka masih dalam pemeriksaan dan masih dimintai keterangan. Selain mengamankan mereka kami juga mengamankan spanduk berupa tulisan yang mendukung West Papua," tuturnya.

Lanjut Gustav selain aksi donor USTJ sempat juga ada serupa di wilayah Dok IX tapi berhasil dibubarkan tanpa ada yang diamankan.

"Di dok IX kami himbau untuk bubar dan mereka mengindahkan dan membubarkan diri sehingga tidak ada yang kami lakukan penahanan," terang Gustav.

Dibaca 153 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX