Terkait Dugaan Penyalagunaan Dana Desa | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Kepala Inspektorat Merauke, Irianto Sabar Gattang, SH. (foto:dok) Kepala Inspektorat Merauke, Irianto Sabar Gattang, SH. (foto:dok)

Terkait Dugaan Penyalagunaan Dana Desa

Papua Selatan Penulis  Jumat, 31 Agustus 2018 10:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kepala Inspektorat:”Sudah Masuk Proses Akhir”


MERAUKE,ARAFURA,- Terkait empat kampung di Distrik Sota yang diduga melakukan penyalahgunaan Anggaran Dana Desa (ADD), saat ini masuk proses akhir pemeriksaan oleh Inspektorat Merauke. Proses akhir tersebut juga harus berdasarkan SOP yaitu memiliki kelengkapan data.

Kepala Inspektorat Merauke, Irianto Sabar Gattang, SH mengatakan setelah proses akhir dan selanjutnya akan diekspos secara bertingkat oleh tim yakni ekspos dalam irban itu sendiri dan ekspos secara lengkap yang dihadiri oleh Inspektorat. Setelah konsep itu dinyatakan rampung baru diterbitkan laporan hasil pemeriksaan.


Ia berharap, dalam waktu dekat sudah rampung karena itu merupakan pengaduan dari masyarakat ke aparat kepolisian. Selanjutnya, itu disampaikan kepada pihak Inspektorat. “Kalau administrasi akan diselesaikan di Inspektorat berkoordinasi dengan Aparat penegak Hukum (APH). Jika menyangkut materi berupa kerugian daerah kita limpahkan ke APH,” terangnya di Kantor Inspektorat, Rabu (29/8) lalu.


Dalam proses yang sementara dilakukan tim Inspektorat itu, diduga adanya penyelewengan terhadap dana desa di empat kampung di Distrik Sota yaitu Kampung Sota, Torai, Nggolar dan Erambu. Secara keseluruhan setelah dievaluasi hasil pengawasan dan pemeriksaan di tingkat kabupaten Tahun 2016-2017 dan 2018 ada sepuluh kampung yang dalam penggunaan dana belum sesuai dengan aturan.


“Semua diproses sesuai mekanisme berdasarkan jenis pelanggaran yang dilakukan. Sebagian ada yang mulai secara bertahap melakukan pengembalian dan sisanya dalam proses siding,”tukasnya.

Dibaca 328 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.