Alat Sterilisasi Rusak, Pasien Operasi Dirujuk ke RSUD Abepura dan Yowari | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Plt Direktur RSUD Jayapura, Anggiat Situmorang. Plt Direktur RSUD Jayapura, Anggiat Situmorang.

Alat Sterilisasi Rusak, Pasien Operasi Dirujuk ke RSUD Abepura dan Yowari

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Selasa, 21 Agustus 2018 03:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Rusaknya alat Sterilisasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura membuat pelayanan kesehatan kepada pasien beberapa hari ini terganggu. Terpaka pasien yang akan dioperasi dirujuk ke RSUD Abepura dan RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura. Demikian disampaikan Plt Direktur RSUD Jayapura, Anggiat Situmorang, ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (20/8/2018).

Anggiat mengakui, berbagai permasalahan yang terjadi di RSUD Jayapura akan dibenahi secara berlahan, dan peralatan operasi yang rusak sudah dilakukan pengadaan.


Selain itu, untuk memperbaiki manajemen RSUD Jayapura, pihaknya sudah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan maupun dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Papua.


“semua permasalahan di RSUD Jayapura akan dibenahi, tidak semudah masalah dibenahi seperti membalikan telapak tangan, ada prosesnya. Kami mulai dari perencanaan dulu kemudian pelaksanaan." Kata Anggiat.


Terkait dengan kerusakan alat sterilisasi, Anggiat membenarkanya, menurutnya, alat operasi tersebut sudah dipesan baru, dan direncanakan alat tersebut sudah tiba di Jayapura bulan September mendatang.


Jadi, alat operasi ini tidak langsung dipakai, harus disterilkan dulu sebelum digunakan, takutnya nanti terinfeksi dengan pasien yang lain,” jelasnya.


Dtempat terpisah, Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri, mengatakan pemerintah Provinsi Papua akan mengambil langka yang baik untuk memperbaiki pelayanan di RSUD Jayapura.


Diungkapkannya, persoalan di RSUD Jayapura belum temui titik temunya. Dalam rangka memperbaiki proses manajemen pastinya ada banyak rintangan yang harus di capai.


" Jadi langkah itu yang kami ambil, kami tidak melihat kepentingan siapa di tempat itu. RSUD Jayapura sudah masuk dalam rencana aksi KPK, maka dari itu, kita diminta membuat manajemen yang baik,"pungkasnya Ia mengimbau kepada pegawai rumah sakit, tetap mengikuti mekanisme proses yang ada untuk perbaiki manajemen di lembaga rumah sakit tersebut.


"saya imbau kepada para pegawai RSUD untuk ikut membantu Plt Dirut RSUD untuk membuat rumah sakit daerah ini lebih baik. Dan harapan kita bersama RSUD Jayapura menjadi rumah sakit rujukan nasional di Papua,” ucapnya.

Dibaca 573 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.