Merah Putih Raksasa Berkibar Di Mutimanggi Kampung Terluar Indonesia | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Merah Putih Raksasa Berkibar Di Mutimanggi Kampung Terluar Indonesia

Papua Selatan Penulis  Kamis, 16 Agustus 2018 21:16 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Boven Digoel, Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Mutimanggi yang merupakan kampung terluar Indonesia yang ada di kabupaten Boven Digoel propinsi Papua.

Pengibaran bendera raksasa Kamis (16/8) ini merupakan salah satu kegiatan yang digelar oleh satuan tugas perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 323/BP Kostrad bersama masyarakat di perbatasan, khususnya di wilayah Merauke dan Boven Digoel.


Kamis pagi anggota Yonif Raider 323/BP yang berada di Pos Rawa Bastop bersama mayarakat Mutimanggi distrik Jair Kabupaten Boven Digoel dipimpin oleh Danpos Rawa Bastop Lettu Inf Didik Purwanta mulai mempersiapkan diri. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala fistrik Jair, Dansatgas Yonif Raider 323 Kostrad, Kepala Dinas Koperasi kabupaten Bovendigoel, perwakilan PT Inocin serta tokoh adat dan masyarakat.


Dansatgas Yonif Raider 323/BP Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M. Si (Han) memimpin acara penyerahan bendera berukuran raksasa kepada Kadistrik Jair Yustisianus Wiwaron, S. STP.
Bendera raksasa berukuran 100 meter berkibar diawali dari ketinggian menuju pemukiman kampung Mutimanggi dengan melibatkan masyarakat dan personel pos Rawa Bastop.


Kampung Mutimanggi adalah salah satu kampung persiapan yang terletak di wilayah terluar berbatasan langsung dengan wilayah Negara Papua Nugini. Dalam sambutnya, Dansatgas 323 Kostrad menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk memupuk jiwa nasionalisme serta menumbuhkan rasa patriotisme untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah.


Kadistrik Jair juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas 323 Kostrad atas dedikasi dan simpatik kepada masyarakat Mutimanggi dalam membantu kesulitan kampung ini. "Pengibaran bendera raksasa dikampung Mutimanggi baru pertama kali ini dilaksanakan dan akan menjadi moment yang tak akan terlupakan oleh masyarakat Mutimanggi "tambahnya.

Selain itu Jery Mequin selaku tertua adat Kampung Mutimanggi mengungkapkan rasa harunya. "saya haru dan bahagia atas gagasan Satgas Pamtas Yonif Raider 323/BP Kostrad yang mengibarkan bendera berukuran raksasa di Kampung Mutimanggi bersama masyarakat, baru kali saya merasakan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dimana kampung kami sangat jauh dari pemukiman dan letak kampung kami dikelilingi oleh rawa-rawa" pungkasnya.


Kegiatan ini diakhiri dengan pengibaran bendera Merah Putih di atas perairan rawa yang dikibarkan oleh pemudi kampung Mutimanggi dengan menggunakan kole-kole perahu khas warga Papua.

Dibaca 272 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.