Gencar Lakukan Penertiban Bangunan Liar | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jayapura, Muksin Ningkeula (kanan). Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jayapura, Muksin Ningkeula (kanan).

Gencar Lakukan Penertiban Bangunan Liar

Kota Jayapura Penulis  Sabtu, 11 Agustus 2018 21:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Seiring bertambahnya jumlah penduduk di Kota Jayapura yang sudah mencapai 418 ribu jiwa lebih, warga terpaksa mencari pemukiman.

Hal itu membuat Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jayapura sebagai pengawas Peraturan Daerah (Perda) gencar melakukan pengawasan.


"Bila ada temuan diberikan surat panggilan untuk mengklarifikasi apakah sudah mengurus ijin atau belum," kata Kasatpol PP Kota Jayapura, Muksin Ningkeula di Kantor Wali Kota Jayapura, Sabtu (11/8/18).


Meski sudah ada instansi terkait yang menangani, untuk bangunan baru di Kota Jayapura, kata Muksin merupakan tanggung jawab bersama dalam penanggannaya.


"Jika, tidak ada diberikan panggilan kedua hingga panggilan ketiga kalau juga tidak datang, maka langsung diproses hukum dan dilakukan pembongkaran," kata Muksin.


Bangunan liar atau bangunan di Kota Jayapura yang dibangun tidak berizin pasalnya, kata Muksin mengganggu ketertiban dan penataan kota menjadi kumuh.


"Kedepannya kami harapkan kepada masyarakat apabila ingin membangun gedung ataupun rumah harus sesuai dengan prosedur," kata Muksin.


"Ajukan dulu izin kepada pemerintah Kota Jayapura setelah mengurus izin baru bangun, bukan bangun dulu baru membuat izin," kata Muksin.


Dalam Kota Jayapura, kebanyakan untuk peruntukan perumahan, lahan terbuka hijau dan daerah serapan air harus diperhatikan tidak boleh membangun sembarangan tempat.


"Sudah ada yang kami lakukan pembongkaran karena pembangunan menyalahi aturan yang sudah ditetapkan Pemerintah Kota Jayapura," kata Muksin.

Dibaca 214 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.