Budaya Harus Bisa Sejahterakan Orang Papua | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Budaya Harus Bisa Sejahterakan Orang Papua

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sentani,- Festival Danau Sentani (FDS) ke-VIII tahun 2015 bertajuk "Budayaku Sejahteraku", resmi dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Arief Yahya, Sabtu (20/6) di pantai Khalkote, Sentani Timur, Kab. Jayapura.
Turut hadir pada FDS ke VIII adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Indonesia, Yohana Yembise dan Duta Besar Mangolia untuk Indonesia, serta tamu undangan lainnya.
Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awiotau mengatakan, FDS merupakan kearifan local yang menceritakan jati diri Kabupaten Jayapura.
Karena itu, pengembangan budaya dan sumberdaya alam akan terus di genjot oleh pemerintah daerah Kabupaten Jayapura. 
Salah satu caranya dengan melakukan pendekatan kebudayaan pada lima wilayah adat di Provnsi Papua yang juga telah masuk dalam perencanaan pemerintah pusat.
selama kurun waktu delapan hingga sembilan tahun, pemerintah daerah kabupatem Jayapura juga telah melakukan pemberdayaan-pemberdayaan kampung, yang memberikan kewenangan pada masyarakat adat untuk mebangun potensi budayanya di wilayah masing-masing.
Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua, Asisten II Sekda Papua, Elia Loupatty, menyatakan Danau Sentani merupakan danau ketujuh terbesar di Papua.
Karena itu diharapkan, apa yang telah di berikan oleh tuhan dapat di manfaatkan dengan baik demi keberlangsungan hidup masyarakat. 
Provinsi Papua memiliki potensi kekeyaan alam yang sangat luas. melalui FDS Pemerintah  mulai melakukan hal yang strategis dengan mengangkat karunia  tuhan melalui budaya, seni dan keunikannya.  Hal itu merupakan asset strategis pemerintah dalam pengembangan parwisata.
Menparekraf RI, Arief Yahya, mengatakan, Papua punya kekayaan budaya dan seni yang sangat luar biasa, sungguh sangat membanggakan kita semua," ujar Arief.
Kata dia, Festival ini sangat besar manfaatnya dalam berbagai aspek, sehingga perlu dijadikan agenda nasional pariwisata Indonesia.
Oleh karena itu, Budaya seharusnya dapat menghidupkan perekonomian masyarakat di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura.
Dirinya meyakini, nilai –nilai kebudayaan di Papua sangat tinggi, Hanya perlu mengeksproritasi kebudayaan guna mensejahtrakan rakyatnya. 
Selain itu, Pengembangan budaya hendaknya dapat mengembangkan kesejahtraan masyarakat di papua khususnya di kabupaten Jayapura. (Aisya)

Dibaca 750 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX