Cuaca Panas di Makkah Capai 45 Derajat, JCH Diingatkan Jaga Kesehatan | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Cuaca Panas di Makkah Capai 45 Derajat, JCH Diingatkan Jaga Kesehatan

Papua Barat Penulis  Senin, 16 Juli 2018 07:19 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Dokter kesehatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Manokwari, Benny Novrianto mengingatkan agar para JCH menyiapkan obat-obatan sesuai yang diperlukan, karena cuaca di Makkah cukup panas mencapai 40 - 45 derajat celcius.

“Saran saya menyiapkan pelindung diri seperti payung atau topi, dan banyak minum, karena kalau kurang minum, akan menyebabkan kondisi drop,” kata Benny kepada wartawan usai pelepasan JCH Manokwari di Aula Kantor Kementerian Agama Manokwari, Sabtu (14/7).

Selain cuaca yang cukup panas, Benny mengingatkan para JCH agar tidak bersentuhan langsung dengan hewan di Makkah seperti Unta, karena dapat tertular penyakit Merstop.

“Kalau vaksin meningitis sudah anjuran pemerintah indonsia sejak dulu, untuk mengindari penyakit yang ada,” jelasnya.

Secara umum, ungkap Benny, kondisi JCH asal Manokwari dalam kondisi baik untuk keberangkatan, meskipun ada beberapa yang memiliki penyakit seperti gula, darah tinggi, diasbetes, dan beberapa penyakit lainnya, namun sambung dia, tim kesehatan sudah menyampaikan agar para JCH menyiapakan obat yang dibutuhhkan.

Keberangkatan rombongan Jamaah JCH Kabupaten Manokwari secara resmi telah dilepas oleh Plt Sekda Manokwari, Aljabar Makatita di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari, Sabtu (14/7).

Sekda berharap, JCH dapat melaksanakan ibadah dengan khusuh, sehingga memperoleh haji yang mabrur sesuai yang diinginkan.

Untuk diketahui, tahun 2018 atau musim haji 1439 H, sebanyak 178 JCH asal Kabupaten Manokwari akan berangkat menunaikan haji.

178 JCH yang berangkat murni dari masyartakat yang masuk dalam daftar tunggu (waiting list) Kemenag, dan tidak ada yang dibiayai Pemkab Manokwari.

JCH akan melaksanakan ibadah haji selama kurang lebih sebulan. JCH direncanakan berangkat tanggal 26 Juli menuju Embarkasi Makkasar menuju Mekkah dan akan kembali ke tanah air tanggal 6 September 2018. [SDR] 

Dibaca 315 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.