Gakkumdu Tangkap Tangan Anggota PPD Mimika Baru | Pasific Pos.com

| 23 July, 2019 |

Ketua PPD Mimika Baru dan salah satu paslon diamankan oleh pihak kepolisian. Ketua PPD Mimika Baru dan salah satu paslon diamankan oleh pihak kepolisian.

Gakkumdu Tangkap Tangan Anggota PPD Mimika Baru

Headline Penulis  Minggu, 08 Juli 2018 18:33 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Paslon beserta barang bukti 101 juta diamankan



Timika, Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) kabupaten Mimika bersama tim dari Polres Mimika dipimpin Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto dan Dandim 1710/Mmk Letkol Inf. Indarto melakukan operasi tangkap tangan.

Anggota panitia pemilihan distrik (PPD) Mimika Baru bersama satu paslon bupati tertangkap tangan hendak mengubah hasil perhitungan suara.


Operasi tangkap tangan ini terjadi di SP 3 Karang Senang Kuala Kencana Mimika, rumah milik LP, Sabtu (7/7) malam.
Barang bukti yang berhasil disita berupa uang tunai sebesar 101 juta rupiah beserta surat suara , HP .


Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto kepada pers menjelaskan, penangkapan ini bermula dari informasi masyarakat ke sentra gakkumdu. mendapat informasi ini, tim dibawah pimpinan Kapolres langsung menuju ke lokasi kejadian.


"Saat penangkapan kami menemukan anggota PPD Mimika Baru beserta salah satu paslon dengan sejumlah surat suara dan form perhitungan. Namun kami belum bisa memerinci, masih dalam tahap pemeriksaan," ujar Kapolres.


Diketahui bahwa ketua PPD Mimika Baru memang dicari karena hari Sabtu seharusnya PPD Miru melaksanakan sidang pleno rekapitulasi pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur propinsi Papua dan Bupati dan Wakil Bupati, tetapi sampai dengan pukul 16.00 wit anggota PPD Miru tidak dapat dihubungi (HP semua off) dan tidak berada di gedung Eme Neme Yauware tempat pelaksanaan rapat pleno, yang akhirnya Kapolres Mimika memerintahkan untuk dilakukan penjemputan kerumah masing-masing tetapi yang bersangkutan tidak ada ditempat (rumah).


Sesuai jadwal tahapan pilkada untuk rekapitulasi tingkat PPD adalah hari Sabtu (7/7) dan untuk kabupaten Mimika terdapat 18 distrik dan yang sudah menyelesaikan rekapitulasi serta menyerahkan kepada KPU baru 13 distrik sedangkan yang 5 distrik belum selesai.


Saat diamankan oknum PPD, saksi dan paslon HM dibawa ke seentra pelayanan Polres Mimika jln. Cendrawasih Kwanki baru Mimika untik diadakan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan terhadap para tersangka dilakukan oleh Gakkumdu, Bawaslu dan kejaksaan negeri Mimika.


"Hasil pemeriksaan nanti akan dipilah kasus perkasus apabila ditemukannunsur pidana maka akan diserahkan kepada penyidik untuk ditindaklanjuti," ujar Kapolres.


Sementera itu ketua Bawaslu propinsi Papua mengatakan bahwa penangkapan ini merupakan sejarah karena pertama kali terjadi OTT oknum penyelenggara pilkada di Papua. "Malam ini akan dilaksanakan langkah hukum yang tepat, sebagian masuk pidana dan akan diaerahkan kepada penyidik," ujar ketua Bawaslu.


Kecuali ketua PPD Miru dan paslon HM ikut diamankan ketua PPD Mimika Timur Jauh.
Rekapitulasi yang dijadwalkan semua distrik harus selesai tanggal 4 Juli 2018 ternyata molor.

Dibaca 542 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX