Disdikbud Kota Jayapura Fokus Berantas Buta Aksara | Pasific Pos.com

| 26 August, 2019 |

Nur Jaya, Kepala Seksi Keaksaraan, Kesetaraam dam Pendidikan Keluarga Disdikbud Kota Jayapura. Nur Jaya, Kepala Seksi Keaksaraan, Kesetaraam dam Pendidikan Keluarga Disdikbud Kota Jayapura.

Disdikbud Kota Jayapura Fokus Berantas Buta Aksara

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 28 Jun 2018 16:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura pada 2018 fokus memberantas buta aksara pada usia produktif dari 15-60 tahun.

Hasil pendataan pada 2015 menggunakan sistem by name by address, hasilnya ditemukana sebanyak 620 orang yang masih buta aksara.


"Kami sudah tuntaskan, sekarang ada 250 yang wajib kami tungaskan," kata Nur Jaya Kepala Seksi Keaksaraan, Kesetaraam dam Pendidikan Keluarga Disdikbud Kota Jayapura di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (28/6/18).


Tak hanya bertugas menuntaskan penyandang buta aksara, kata Nur, pihaknya juga menjaga dan mencegah agar tidak lagi kembali buta aksara melalui pembinaan berkesinambungan.


"Kalau bisa tuntas 200 orang karena dalam pelaksanaanya ada yang tidak datang ikut pembelajaran selama 114 jam. Ada juga ujiannya di masing-masing PKBM," kata Nur.


Langkah yang ditempuh Disdikbud Kota Jayapura untuk menuntaskan buta aksara, yaitu merancang kebijakam keaksaraan yang terintegrasi kesetaraan dengan pihak terkait.


"Insya Allah, target kami 2019 sudah selesai menuntaskan buta aksara di Kota Jayapura," kata Nur.


Meski demikian, Nur mengakui, karema Kota Jayapura merupakan ibukota provinsi, pasti banyak warga yang berdatangan dari daerah lain.


"Yang kami layani khusus warga yang administrasi kependudukannya di Kota Jayapura," kata Nur.

Dibaca 464 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.