IPM, Merauke Peringkat Lima | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Papua, Jhon Rahail.(foto:dok) Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Papua, Jhon Rahail.(foto:dok)

IPM, Merauke Peringkat Lima

Papua Selatan Penulis  Kamis, 07 Jun 2018 10:07 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Papua, Jhon Rahail mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua terbilang masih sangat rendah dibandingkan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Sementara untuk IPM Papua, Kabupaten Merauke masuk dalam urutan kelima. Urutan pertama yaitu Kota Jayapura, Mimika dan selanjutan Kabupaten Jayapura.

Menurutnya, indikator peningkatan IPM dipicu oleh peningkatan sektor pengeluaran per kapita, angka harapan lama sekolah dan angka harapan hidup. “Mungkin di Merauke belum berhasil mencapai wajib belajar sembilan tahun karena angkanya baru mencapai 8,26. Kalau dilihat dari angka ini menandakan rendahnya partisipasi masyarakat melihat pentingnya pendidikan di daerah pinggiran dan pedalaman,” ujarnya di Hotel Ermasu, baru-baru ini.


Selain itu, proses pembelajaran di sekolah yang tidak jalan sehingga masyarakat apatis melihat sekolah sebagai kebutuhan. Masyarakat juga melihat sekolah hanya sebagai kewajiban untuk sekolah bukan karena kebutuhan. Selanjutnya, konsep dan presepsi masyarakat yang melihat pendidikan sebagai investasi yang terlalu panjang.


Padahal kebiasaan masyarakat Papua melihat segala sesuatu harus cepat dan mudah. Hal ini yang perlu dilakukan terobosan dan inovasi pendekatan pembangunan pendidikan yang berbasis konstitual dan kearifan lokal.


Sementera itu, IPM adalah salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pembangunan kualitas hidup manusia. IPM menjelaskan bagaimana penduduk bisa mengakses pembangunan untuk memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Dibaca 474 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.